visitaaponce.com

Aktris Kenamaan Iran Ditangkap karena Dukung Aksi Demonstrasi

Aktris Kenamaan Iran Ditangkap karena Dukung Aksi Demonstrasi
Aktris Iran Taraneh Alidoosti(AFP/LOIC VENANCE)

IRAN, Sabtu (17/12), menangkap seorang aktris kenamaan karena sang aktris menyatakan dukungan pada aksi demonstrasi yang telah berlangsung selama 3 bulan akibat kematian seorang perempuan yang ditahan polisi moral.

Taraneh Alidoosti ditangkap atas perintah otoritas kehakiman Iran karena 'gagal menunjukkan dokumentasi atas pernyataannya terkait aksi demonstrasi yang terjadi'. Hal itu diungkapkan portal berita kehakiman Iran, Mizan Online.

Mizan Online menambahkan sejumlah tokoh dan selebritas, termasuk Alidoosti, telah diinterogasi atau ditahan setelah mereka "Mengeluarkan pernyataan tidak mendasar  mengenai insiden yang terjadi dan mengunggah materi provokatif mendukung aksi kerusuhan."

Baca juga: Protes Kematian Mahsa Amini, 400 Demonstran Dihukum 10 Tahun

Alidoosti terkenal lewat perannya dalam film peraih Piala Oscar pada 2016, The Salesman.

Unggahan teranyar Alidoosti di media sosial adalah pada 8 Desember, hari yang sama ketika Mohsen Shekari, 23, menjadi orang pertama yang dihukum mati terkait aksi demonstrasi di Iran.

"Kebungkaman Anda berati dukungan terhadap penindasan dan pelaku penindasan," ungkap Alidoosti di akun Instagramnya.

"Semua organisasi internasional yang menonton aksi berdarah ini dan diam saja sangat memalukan bagi kemanusiaan," lanjut aktris itu.

Alidoosti telah menjadi salah satu nama besar di perfilman Iran sejak remaja. Film terbarunya, Leila's Brothers, tayang di Festival Film Cannes tahun ini.

Iran diguncang aksi demonstrasi yang dipicu oleh tewasnya Mahsa Amini pada 16 September. Perempuan Kurdi berusia 22 tahun tewas setelah ditahan polisi moral karena dianggap melanggar aturan berpakaian di negara itu. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat