visitaaponce.com

Pemerintah AS Disebut Gagal Antisipasi Dampak Badai Salju

Pemerintah AS Disebut Gagal Antisipasi Dampak Badai Salju
Sebuah rumah yang tertutup es akibat badai salju di Hamburg, New York(AFP/JOHN NORMILE)

PEMERINTAH Amerika Serikat (AS) dinilai gagal mengantisipasi dampak buruk dari badai salju yang menewaskan lebih dari 60 jiwa. Buffalo, New York, menjadi kota paling terdampak bencana ini dengan angka kematian mencapai 34 orang.

Kegagalan ini menuai kritik dari sejumlah tokoh New York. Salah satunya eksekutif Erie County Mark Poloncarz. Dia mengecam para pemimpin negara bagian itu tidak bekerja sama menghadapi fenomena alam ini.

“Kami memiliki panggilan telepon dari pejabat terpilih setiap pagi, namun tidak ada dari kota Buffalo,” kata Poloncarz.

Dia menambahkan kinerja para pemimpin daerah di New York sangat mengecewakan di hadapan rakyat mereka. Buffalo adalah daerah yang paling parah dilanda badai yang terjadi sejak pekan lalu dengan puncaknya, Selasa (27/12).

Saling menyalahkan antara para pemimpin di New York dapat menghambat penanggulangan setelah badai terburuk yang melanda wilayah itu sejak 1977.

“Pemerintah kota kami mengecewakan kami,” kata wakil komunitas India Walton, seorang sosialis yang merupakan calon wali kota dari Partai Demokrat.

Penduduk Buffalo masih terisolasi karena tidak dapat menggunakan jalan untuk bepergian atau mengungsi ke tempat lain. Salju di daerah tersebut belum dapat dibersihkan khususnya yang menutupi jalan raya.

“Saya merasa kota ini selalu tidak siap menghadapi badai salju seperti ini,” kata warga Buffalo Kazi Mohammad.

Baca juga: AS Laporkan Korban Badai Salju Capai 50 Orang

Dengan suhu menghangat pejabat setempat menilai masalah baru akan muncul yakni banjir dari pencairan salju. Pihak berwenang juga mencatat banyak laporan penjarahan,

Kepolisian setempat menangkap sembilan tersangka pada Selasa, kata Komisaris Polisi Buffalo Joseph Gramaglia. Dia menggambarkan toko-toko, rak makanan, mesin kasir dan barang-barang dagangan telah menjadi bukti penjarahan.

Sejumlah 34 orang di New York tewas akibat badai salju dengan 26 orang tercatat dari Buffalo. Angka itu dapat bertambah setelah salju mencair.

“Kami khawatir ada individu yang mungkin telah tewas kedinginan, tertimpa salju atau karena sendirian di rumah juga di kendaraannya,” ungkap Poloncarz.(Washington Post/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat