visitaaponce.com

Iran Gantung Eks Wakil Menteri Pertahanannya

Iran Gantung Eks Wakil Menteri Pertahanannya
Bendera Iran(Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)

IRAN mengumumkan telah mengeksekusi mantan Wakil Menteri Pertahanan Ali Reza Akbari yang divonis hukuman mati. Teheran telah menggantungnya beberapa hari sebelum diumumkan pada Sabtu (14/1).

Ali Reza Akbari memiliki status kewarganegaraan ganda, Iran-Inggris. Dia dituduh telah melakukan spionase terhadap sejumlah situs dan dokumen rahasia untuk kepentingan Inggris.

Kantor berita Iran, Mizan mengumumkan eksekusi hukuman gantung Ali Reza Akbari. Namun tidak disebutkan waktu eksekusi tersebut dilakukan.

Baca juga: Pasukan Rusia Kuasai Kota Soledar di Wilayah Timur Ukraina

Dugaannya, dia dieksekusi beberapa hari yang lalu. Wakil Juru Bicara Departemen Luar Negeri Inggris Vedant Patel mengkritik eksekusi Akbari. “Tuduhan terhadap Alireza Akbari dan hukuman eksekusinya bermotivasi politik. Eksekusinya tidak masuk akal," katanya.

Inggris, kata dia, sangat terganggu dengan laporan bahwa Akbari dibius, disiksa saat dalam tahanan. Akbari juga diinterogasi selama ribuan jam, dan dipaksa membuat pengakuan palsu.

"Lebih luas lagi, praktik penahanan Iran yang sewenang-wenang dan tidak adil, pengakuan paksa, dan eksekusi bermotivasi politik sama sekali tidak dapat diterima dan harus diakhiri," pungkasnya. (France24/Cah)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat