visitaaponce.com

Pasukan Rusia Memasuki Dua Kota di Provinsi Zaporizhia, Ukraina

Pasukan Rusia Memasuki Dua Kota di Provinsi Zaporizhia, Ukraina
Pasukan militer Rusia memasuki wilayah Provinsi Zaporizhia, Ukraina dengan menghapus tanda 'Z' di kendaraan militer mereka.(Is/ukrinform.net)

PASUKAN militer Rusia bergerak menuju dua kota di wilayah Provinsi Zaporizhia, wilayah selatan Ukraina. Pertempuran meningkat selama minggu ini di kota tersebut setelah beberapa bulan landai.

Seorang pejabat setempat yang mendukung Rusia di wilayah tersebut Vladimir Rogov mengatakan tindakan ofensif terkonsentrasi di sekitar dua kota.

Pertama Orikhiv, sekitar 50 km di selatan Zaporizhzhia, ibu kota Provinsi Zaporizhia, dan kedua Kota Hulyaipole, lebih jauh ke timur.

"Bagian depan bergerak, terutama dalam dua arah Orikhiv dan Hulyaipole," kata Rogov seperti dikutip kantor berita Rusia, RIA Novosti.

Dia mengatakan ada pertempuran aktif di daerah-daerah tersebut, menurut badan tersebut. “Inisiatif ada di tangan kita,” jelasnya.

Tentara Rusia kemudian mengklaim untuk hari kedua berturut-turut bahwa mereka telah mengambil garis dan posisi yang lebih menguntungkan setelah operasi ofensif di wilayah Zaporizhia.

Rusia mengklaim telah menyerang posisi Ukraina di Desa Lezhyno, di luar wilayah ibu kota Zaporizhzhia, yang belum jatuh ke tangan pasukan Ukraina.

Baca juga: Takut Ancaman Rusia, AS dan NATO Gagal Kirim Leopard 2 ke Ukraina

Dalam laporan hariannya tentara Ukraina, Rogov mengatakan lebih dari 15 permukiman terkena tembakan artileri di Zaporizhia.

Awal pekan ini, Rogov mengumumkan serangan lokal di sekitar Orikhiv dan mengatakan tentara Rusia telah menguasai desa Lobkove, dekat Sungai Dnieper.

Rogov juga mengatakan pekan ini bahwa pertempuran meningkat tajam di wilayah selatan. Front di selatan Ukraina baru-baru ini jauh lebih tenang daripada di timur, dengan penarikan Moskow dari kota besar Kherson pada November.

Rusia mengklaim telah menganeksasi wilayah Zaporizhia bersama dengan tiga wilayah Ukraina lainnya, tetapi tidak menguasainya secara keseluruhan.

Sementara Moskow menguasai sebagian besar wilayah selatan wilayah itu, kota utamanya Zaporizhzhia dan bagian utara dikuasai oleh Kyiv.

Laporan tersebut muncul ketika seorang pejabat Rusia mengatakan bahwa pemerintah yang memberikan senjata yang lebih kuat ke Ukraina dapat menyebabkan tragedi global yang akan menghancurkan negara mereka.

Ketua Majelis Rendah Parlemen Rusia, Vyacheslav Volodin, memperingatkan bahwa keputusan negara-negara untuk memasok Ukraina akan menyebabkan bencana global.

“Jika Washington dan NATO memasok senjata yang akan digunakan untuk menyerang kota-kota yang damai dan melakukan upaya untuk merebut wilayah kami seperti yang mereka ancam, itu akan memicu pembalasan dengan senjata yang lebih kuat,” katanya.

Jerman adalah salah satu donor utama senjata ke Ukraina, dan telah memerintahkan peninjauan stok Leopard 2 sebagai persiapan untuk kemungkinan lampu hijau.

Meskipun demikian, pemerintah di Berlin telah menunjukkan kehati-hatian di setiap langkah untuk meningkatkan komitmennya terhadap Ukraina, sebuah keragu-raguan yang terlihat berakar pada sejarah dan budaya politiknya.

Sementara itu, Prancis dan Jerman berkomitmen untuk menunjukkan dukungan tak tergoyahkan ke Ukraina selama upacara dan pembicaraan hari Minggu merayakan peringatan 60 tahun perjanjian persahabatan pasca-Perang Dunia II.

Dalam deklarasi bersama, negara-negara tersebut mengatakan mereka akan bertahan bersama Ukraina selama diperlukan. P

erjanjian yang menyegel ikatan antara musuh lama Prancis dan Jerman 60 tahun lalu mendukung UE saat ini.

Keragu-raguan Jerman telah menuai banyak kritik, terutama dari Polandia dan negara-negara Baltik, negara-negara di sayap timur NATO yang dikendalikan oleh Moskow di masa lalu dan merasa sangat terancam oleh ambisi kekaisaran baru Rusia.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan bahwa jika Jerman tidak menyetujui pengiriman tank Leopard ke Ukraina, negaranya siap untuk membangun koalisi yang lebih kecil dari negara-negara yang tetap akan mengirim tank mereka. (Aljazeera/Cah/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat