visitaaponce.com

Ukraina Laporkan Serangan Udara Besar-Besaran dari Rusia

Ukraina Laporkan Serangan Udara Besar-Besaran dari Rusia
Potret kerusakan fasilitas pembangkit listrik akibat serangan militer Rusia di Kiev, Ukraina.(AFP)

UKRAINA menyatakan bahwa Rusia telah meluncurkan serangan rudal dan pesawat nirawak besar-besaran pada Jumat waktu setempat. Itu sehari setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melakukan lobi untuk mendapatkan senjata jarak jauh dari pemimpin Uni Eropa.

Diketahui, Zelensky melakukan perjalanan ke London, Paris dan Brussel pada pekan ini, yang merupakan perjalanan keduanya ke luar negeri. Tepatnya, sejak militer Rusia melakukan invasi setahun yang lalu.

Adapun Zelensky memperingatkan bahwa Ukraina membutuhkan artileri, amunisi, tank modern, rudal jarak jauh, hingga jet tempur yang lebih cepat. Upaya itu penting untuk menghadapi serangan terbaru dari militer Rusia yang semakin berbahaya.

Baca juga: Presiden Ukraina Hadiri KTT Uni Eropa

Pada Jumat pagi, tentara Ukraina mengungkapkan militer Rusia telah melepaskan rentetan rudal dan pesawat tak berawak ke negara mereka.

"Musuh menghantam kota-kota dan fasilitas infrastruktur penting," kata pasukan angkatan udara. Seraya menambahkan bahwa tujuh pesawat nirawak peledak buatan Iran diluncurkan dari Laut Azov dan enam rudal jelajah Kalibr dari Laut Hitam.

Baca juga: Joe Biden: Tiongkok Enggan Bantu Rusia Karena Utamakan Investasi

Angkatan udara mengatakan bahwa mereka telah menembak jatuh lima pesawat tak berawak dan lima rudal Kalibr. "Rusia juga melakukan serangan besar-besaran dengan hingga 35 peluru kendali anti-pesawat yang menargetkan wilayah Kharkiv di timur dan wilayah Zaporizhzhia di selatan," lanjut keterangannya.

Selama beberapa bulan, Rusia telah secara sistematis menargetkan infrastruktur energi Ukraina, yang menyebabkan kekurangan listrik yang menyebabkan jutaan orang kedinginan dan gelap di tengah musim dingin.(AFP/OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat