visitaaponce.com

Rudal Balistik Korut Hantam Wilayah Jepang

Rudal Balistik Korut Hantam Wilayah Jepang
Gambar yang dirilis kantor berita Korut, KCNA, memperlihatkan peluncuran rudal balistik Hwasong-15.(AFP/KCNA VIA KNS)

AMERIKA Serikat (AS) mengecam keras peluncuran rudal balistik oleh Korea Utara (Korut). Rudal yang bisa membawa bom antarbenua itu mendarat di wilayah perairan yang masuk zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang.

"Peluncuran ini tidak perlu meningkatkan ketegangan dan risiko mendestabilisasi situasi keamanan di kawasan," kata Gedung Putih dalam pernyataan resmi.

AS, lanjut pernyataan Gedung Putih, akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk memastikan keamanan dalam negeri. Washington juga akan menerapkan kebijakan serupa bagi sekutunya di sekitar semenanjung Korea yakni Korea Selatan dan Jepang.

Baca juga: Militer Korsel sebut Korut Tembak Rudal Balistik

Rudal balistik milik Korut mendarat di ZEE Jepang. Pemerintah Jepang menyebut rudal balistik tersebut disebut merupakan rudal balistik antarbenua.

Dilansir dari AFP, rudal balistik milik Korut mendarat pada Sabtu (18/2). 

"(Pyongyang) menembakkan satu rudal balistik kelas ICBM ke arah timur. Itu terbang selama sekitar 66 menit," kata kepala juru bicara pemerintah Jepang, Hirokazu Matsuno.

Rudal balistik itu terbang sekitar 900 kilometer, mencapai ketinggian 5.700 kilometer dan diyakini mendarat pada pukul 18.27 waktu Jepang.

"Serangkaian tindakan Korea Utara itu mengancam perdamaian dan stabilitas Jepang dan komunitas internasional, dan benar-benar tidak dapat dimaafkan," tambahnya.

Dia mengatakan Jepang telah mengajukan protes melalui saluran diplomatik. Jepang pun akan berkomunikasi dengan dunia internasional soal peristiwa tersebut.

"Pemerintah akan merespons dengan berkoordinasi erat dengan masyarakat internasional termasuk AS dan Korea Selatan melalui pertemuan menteri luar negeri G7 yang sedang berlangsung dan Dewan Keamanan PBB," pungkasnya. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat