visitaaponce.com

Covid-19 Mulai Terkendali, Tiongkok Bebaskan Turis Masuk Negaranya

Covid-19 Mulai Terkendali, Tiongkok Bebaskan Turis Masuk Negaranya
Penumpang tiba di terminal kedatangan internasional di Bandar Udara Beijing(AFP / Jade Gao)

PEMERINTAH Tiongkok akan mencabut seluruh perbatasannya untuk turis asing. Kebijakan tersebut merupakan yang pertama dalam tiga tahun sejak merebaknya pandemi covid-19.  Tiongkok akan mengembalikan penerbitan semua jenis visa.

Kebijakan tersebut akan pertama kali direalisasikan di Beijing mulau Rabu (15/3) esok. Pihak otoritas Tiongkok mengatakan mereka berhasil mengendalikan penyebaran covid-19 dengan baik sehingga menghapus kebijakan pengetatan aktivitas warga. 

Tiongkok berharap pembukaan pintu masuk kepada para turis bisa mengembalikan pendapatan negara di sekotr pariwisata yang mencapai US$17 triliun. Pemberlakuan bebas visa terhadap sejumlah negara juga akan dipulihkan.

Baca juga : Hadapi Varian Kraken dan Orthus, Kasus Covid-19 Indonesia Masih Terkendali

Ketentuan tersebut akan mencakup pulau wisata selatan Hainan dan kapal pesiar yang melewati pelabuhan Shanghai. Tiongkok juga akan membebaskan visa masuk bagi ke pusat manufaktur selatan Guangdong. Pemberlakukan bebas visa juga berlaku untuk untuk orang asing dari Hong Kong dan Makau. 

Kementerian Pariwisata Tiongkok mengatakan orang asing pemegang visa yang dikeluarkan sebelum 28 Maret 2020 yang masih dalam masa berlaku juga akan dapat masuk ke Tiongkok. 

Baca juga : Xi Serukan Peran Lebih Besar Tiongkok setelah Pulihkan Saudi-Iran

"Melanjutkan aplikasi untuk semua jenis visa, menghilangkan penghalang signifikan lainnya dalam dimulainya kembali perjalanan normal antara Inggris dan Tiongkok," kata Direktur Pelaksana, Dewan Bisnis Tiongkok-Inggris Tom Simpson.

Ia mengatakan Dewan Tiongkok telah melihat aplikasi perjalanan bisnis dan kedatangan mulai meningkat sejak Januari. Pada Januari terdapat 40 negara lagi ke daftarnya yang mengizinkan tur kelompok asal Tiongkok, sehingga jumlah negara menjadi 60 negara.

Penerbangan internasional masuk dan keluar Tiongkok naik lebih dari 350% dibandingkan dengan tahun sebelumnya menjadi hampir 2.500 penerbangan atau 17,4% dari level pada 2019. Pada 2022, hanya 115,7 juta perjalanan lintas batas yang dilakukan masuk dan keluar Tiongkok, dengan jumlah orang asing mencapai sekitar 4,5 juta.

Tiongkok mencatat 670 juta orang pelancong pada 2019 sebelum covid-19 melanda, dengan orang asing mencapai 97,7 juta. Beijing menghapus kebijakan nol-covid-19 sejak Desember dan Januari membatalkan persyaratan karantina untuk turis. 

Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang mengatakan bahwa Tiongkok membutuhkan waktu kurang dari dua bulan untuk mencapai menuntaskan masa transisi. Setelah itu Negeri Tirai Bambu dapat sepenuhnya kembali ke kehidupan seperti sebelum kemunculan covid-19. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat