visitaaponce.com

Serangan AS di Suriah Tewaskan Pemimpin Senior ISIS

Serangan AS di Suriah Tewaskan Pemimpin Senior ISIS
Tentara demokrasi Suriah berpatroli bersama dengan Tentara Angkatan Darat Amerika Serikat(AFP)

MILITER Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa mereka telah melakukan serangan di Suriah dan menewaskan seorang pejabat senior kelompok ISIS yang bertanggung jawab dalam rangkaian rencana serangan yang akan dilakukan di Eropa.

"Serangan di barat laut Suriah pada hari Senin menewaskan pemimpin senior ISIS Khalid Aydd Ahmad al-Jabouri," kata Komando Pusat AS dilansir AFP, Selasa (4/4). 

Dikatakan bahwa Jabouri bertanggung jawab atas perencanaan serangan (ISIS) ke Eropa. Pernyataan tersebut tidak menyebutkan lokasi serangan dan menambahkan bahwa tidak ada warga sipil yang terbunuh atau terluka.

Baca juga : Terduga Teroris yang Ditangkap di DIY Berbaiat dengan Jaringan ISIS

Kepala CENTCOM, Jenderal Michael Kurilla menuturkan kelompok jihadis ISIS masih aktif melakukan operasi di wilayah Suriah kendati sebagian besar anggotanya sudah dipukul mundur oleh AS pada tahun 2019. 

"Meskipun terdegradasi, kelompok jihadis, yang digulingkan dari wilayah terakhirnya di Suriah pada tahun 2019, tetap dapat melakukan operasi di wilayah tersebut dengan keinginan untuk menyerang di luar Timur Tengah," kata kepala CENTCOM, Jenderal Michael Kurilla.

Baca juga : Terduga Teroris Gunakan Facebook dan Telegram Unggah Konten Provokatif

“Jabouri juga mengembangkan struktur kepemimpinan untuk ISIS" dan kematiannya akan mengganggu kemampuan organisasi itu untuk merencanakan serangan eksternal untuk sementara waktu.

ISIS telah mengklaim sejumlah serangan mematikan di Eropa dalam beberapa tahun terakhir, termasuk serangan pada November 2015 di Paris dan pinggiran kota yang menewaskan 130 orang dan serangan lainnya di kota Nice, Prancis, pada Juli 2016 yang menewaskan 86 orang.

Pada tahun yang sama, tiga serangan bunuh diri di Belgia menewaskan lebih dari 30 orang. Pada bulan Agustus 2017, serangan yang diklaim oleh ISIS di Barcelona dan di tempat lain di Spanyol menewaskan 16 orang.

Syrian Observatory for Human Rights, sebuah lembaga pemantau konflik yang telah berlangsung lebih dari satu dekade di Suriah yang berbasis di Inggris, mengatakan bahwa Jabouri terbunuh dalam sebuah serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat di wilayah Idlib di bagian barat laut Suriah, yang merupakan wilayah yang dikuasai oleh para jihadis. (AFP/Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat