visitaaponce.com

Hizbullah Dukung Tindakan Palestina Lindungi Jemaah dan Masjid Al-Aqsa

GERAKAN bersenjata pro-Iran di Libanon, Hizbullah, Kamis (6/4) mengatakan akan mendukung semua tindakan yang mungkin diambil kelompok Palestina terhadap Israel. Ini disampaikan setelah bentrokan mengguncang masjid Al-Aqsa di Jerusalem.

"Hizbullah dengan tegas mengecam serangan yang dilakukan oleh pasukan pendudukan Israel terhadap kompleks masjid Al-Aqsa dan serangannya terhadap umat beriman," kata Hizbullah dalam suatu pernyataan. 

"Hizbullah menyatakan solidaritas penuh dengan rakyat Palestina dan kelompok perlawanan serta berjanji akan berdiri bersama mereka dalam semua tindakan yang mereka ambil untuk melindungi jemaah dan masjid Al-Aqsa dan mencegah musuh melanjutkan serangannya."

Baca juga: Kecam Israel Injak Masjid Al-Aqsa, Turki: Palestina tidak Sendirian

Kekhawatiran global meningkat setelah polisi Israel bentrok dengan warga Palestina di dalam situs tersuci ketiga Islam itu. Hal tersebut memicu saling meluncurkan roket dan serangan udara dengan militan di Gaza. Dikhawatirkan eskalasi lebih lanjut.

Dua roket lagi ditembakkan pada Rabu malam dari Gaza ke Israel. Pertengkaran baru pecah di masjid Al-Aqsa saat Paskah Yahudi bertepatan dengan bulan suci Ramadan.

Hizbullah, musuh bebuyutan Israel, memiliki hubungan dekat dengan gerakan Islam Hamas, yang memerintah Gaza, dan dengan kelompok militan Jihad Islam yang juga berbasis di daerah kantong pantai itu. Konfrontasi militer besar terakhir antara Israel dan Hizbullah pada 2006 menewaskan lebih dari 1.200 orang di pihak Libanon, kebanyakan warga sipil, dan 160 di pihak Israel, kebanyakan tentara. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat