visitaaponce.com

Pembawa Berita AI Sudah Muncul di Kuwait

Pembawa Berita AI Sudah Muncul di Kuwait
Seorang warga melihat video perkenalan pembawa acara AI Fedha di akun Twitter Kuwait News(AFP/YASSER AL-ZAYYAT )

SEBUAH kantor berita Kuwait memperkenalkan pembawa berita virtual yang dihasilkan menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Pembawa berita itu diplot untuk membacakan berita-berita daring.

Fedha, nama pembawa berita virtual itu, telah muncul di akun Twitter Kuwait News pada Sabtu (8/4), dengan citra seorang perempuan berambut warna cerah, mengenakan jaket hitam dan kaos putih.

"Saya Fedha, presenter pertama di Kuwait yang dihasilkan kecerdasan buatan di Kuwait News. Berita apa yng Anda Inginkan? Ayo sampaikan opini Anda," ujar Fedha dalam bahasa Arab.

Baca juga: Tren Chat GPT, Shareit Luncurkan Moss AI Berbahasa Indonesia

Situs berita itu berafiliasi dengan Kuwait Times, satu-satunya harian berbahasa Inggris di negara itu yang didirikan pada 1961.

Abdullah Boftain, pemimpin redaksi Kuwait News dan Kuwait Times, mengatakan kehadiran Fedha adalah untuk menguji potensi AI untuk menghasilkan berita dan konten inovatif.

Di masa yang akan datang, Fedha akan mengadopsi aksen Kuwait dan membacakan berita di akun Twitter Kuwait News, yang memiliki 1,2 juta follower.

Baca juga: Turnitin Luncurkan Teknologi AI Deteksi Tulisan ChatGPT di Kalangan Siswa 

"Fedha adalah nama kuno dan populer di Kuwait yang berarti perak atau metal. Kami selalu membayangkan robot berwarna perak dan terbuat dari metal jadi kami menggabungkan keduanya," ujar Boftain.

Warna rambut pirang dan mata cerah presenter AI itu merefleksikan keberagaman populasi Kuwait.

"Fedha mewakili semua orang," lanjut Boftain.

Penampilan perdana Fedha dalam video berdurasi 13 detik menuai reaksi di media sosial, termasuk dari para wartawan. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat