visitaaponce.com

Minneapolis Jadi Kota Besar AS Pertama yang Izinkan Azan dengan Pengeras Suara Lima Kali Sehari

Minneapolis Jadi Kota Besar AS Pertama yang Izinkan Azan dengan Pengeras Suara Lima Kali Sehari
Ilustrasi(Ist)

MINNEAPOLIS menjadi kota besar pertama di Amerika Serikat (AS) yang mengizinkan azan dikumandangkan melalui pengeras suara masjid sebanyak lima kali sehari.

Dewan Kota Minneapolis, Jumat (14/4) WIB, dengan suara bulat mengizinkan azan dikumandangkan dari masjid-masjid meskipun ada kebijakan yang mengatur kebisingan.

Kelompok advokasi Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) Minnesota, yang selama ini terus mendesak dewan untuk menyetujui permintaan azan melalui pengeras suara, mengatakan keputusan tersebut merupakan kemenangan bersejarah bagi kebebasan beragama dan pluralisme.

Baca juga: Bacaan Lafadz Adzan dan Subuh serta Iqomah Arab Latin dan Arti

"Kami berterima kasih kepada para anggota Dewan Kota Minneapolis yang menetapkan contoh luar biasa ini. Kami mendesak kota-kota lain untuk mengikutinya," kata Direktur CAIR Minnesota Jaylani Hussein dalam sebuah pernyataan.

Pada tahun lalu, Pemerintah Kota Minneapolis membatasi waktu-waktu azan dan volume suara yang digunakan, menurut CBS News.

Namun, masjid-masjid di Minneapolis mulai saat ini akan diizinkan untuk mengumandangkan azan mulai pukul 03.30 dini hari hingga 23.00 waktu setempat.

Baca juga: Masjid di Jerman Diizinkan Kumandangkan Azan

Wali kota Minneapolis Jacob Frey diperkirakan akan menandatangani undang-undang tentang siaran azan dalam waktu sepekan, menurut surat kabar Minneapolis Star-Tribune. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat