visitaaponce.com

Antisipasi Invasi Tiongkok, Warga Taiwan Belajar Teknik Pertahanan Diri

Antisipasi Invasi Tiongkok, Warga Taiwan Belajar Teknik Pertahanan Diri
Instruktur Akademi Kuma mengajari siswanya tentang teknik tindakan pertolongan pertama.(AFP/JACK MOORE )

BEBERAPA warga Taiwan memutuskan untuk mempersiapkan diri mereka jika Tiongkok, yang semoga tidak terjadi, menginvasi negara mereka.

Salah satu warga Taiwan, Lin Yuh-ting, mengatakan dia menghabiskan akhir pekannya untuk mempelajari teknik pertahanan diri agar bisa melindungi dua anaknya seandainya perang sampai harus pecah.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Lin, dan juga warga Taiwan lainnya, setelah melihat Rusia menyerang Ukraina dan juga latihan militer yang digelar Tiongkok akhir tahun lalu dan pekan lalu.

Baca juga: Tiongkok Akhiri Latihan Perang di Sekitar Taiwan

"Ketika ada kemungkinan perang, saya pikir kita harus siap," kata Lin yang berprofesi sebagai dokter seperti dilansir dari AFP. "Berada di garis terdepan bukan satu-satunya cara untuk membantu," kata dia lagi.

Lin dan yang lainnya belajar ilmu pertahanan diri di Akademi Kuma. Lembaga itu sejak Januari 2022 telah melatih 10 ribu orang mengenai cara menjaga diri sendiri. Untuk mengikuti kelas bisa setiap peserta harus membayar US$33 atau sekitar Rp500 ribu.

Baca juga: Militer Tiongkok Lakukan Simulasi Penyerangan Sejumlah Target Strategis di Taiwan

Para instruktur Kuma menawarkan tips mempersiapkan evakuasi, seperti cara menemukan tempat berlindung dari serangan udara dan apa saja barang bawaan yang harus dibawa saat keadaan darurat.

Mereka juga fokus untuk mengajarkan bagaimana cara bersikap ketika Beijing mengklaim bakal melontarkan 1.000 rudal dan ditambah 50 ribu kapal mendarat di pantai-pantai Taiwan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat