visitaaponce.com

Kapal Laut Bawa 1.687 Pengungsi dari Sudan Tiba di Jeddah, Arab Saudi

SEBUAH kapal yang membawa 1.687 pengungsi dari Sudan tiba di Jeddah, Arab Saudi, pada Rabu (26/4). Pemerintah Saudi menempatkan mereka di pemukiman khusus.

Kapal bernama Amanah tersebut mengangkut pengungsi dari 58 negara dari Port Sudan di pantai timur Sudan di Laut Merah.

Terdapat 560 Warga Negara Indonesia

Dalam kapal terdapat pula 46 orang Amerika Serikat, 40 Inggris, 11 Jerman, 4 Prancis, 13 Saudi, 560 Indonesia, 239 Yaman, 198 Sudan, dan 26 Turki.

Baca juga: 300 WNI Diungsikan ke Jeddah dari Suda

Kapal berbendera Saudi itu berlabuh di Pangkalan Angkatan Laut Raja Faisal sebelum jam 05:00 pagi waktu setempat. Saat penumpang turun, mereka disambut oleh pejabat pangkalan dan otoritas diplomatik dari berbagai negara.

Arab Saudi telah menerima beberapa gelombang pengungsi melalui udara dan laut, dimulai dengan kapal yang tiba di Jeddah pada Sabtu (22/4) membawa 150 orang termasuk diplomat dan pejabat asing.

Pada Senin (24/4), sebuah pesawat militer C-130 Hercules menerbangkan puluhan warga sipil Korea Selatan ke Pangkalan Udara Raja Abdullah Jeddah, dan sebuah kapal mengangkut hampir 200 orang dari 14 negara melintasi Laut Merah dari Port Sudan.

Baca juga: Wakil Ketua MPR Minta Kawal Terus Proses Evakuasi WNI di Sudan

Abdulaziz Alwasil, Perwakilan Tetap Arab Saudi untuk PBB, sebelumnya menekankan pentingnya menjaga gencatan senjata saat ini di Sudan.

Selama menghadiri pertemuan di Dewan Keamanan PBB di New York, dia mengatakan Kerajaan sedang bekerja dengan semua mitranya untuk menstabilkan gencatan senjata di Sudan, memuji kerja sama pihak Sudan untuk memfasilitasi evakuasi warga sipil. (Arabnews/Cah/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat