visitaaponce.com

WNI asal Sudan akan Dipulangkan dengan Pesawat Garuda Indonesia

WNI asal Sudan akan Dipulangkan dengan Pesawat Garuda Indonesia
110 WNI yang beberapa hari sempat terjebak dalam situasi perang saudara di Sudan, akhirnya berhasil dievakuasi ke Jeddah Arab Saudi(Dok : TNI AU)

WARGA Negara Indonesia (WNI) yang berhasil dievakuasi dari Sudan secara bertahap akan dipulangkan ke Indonesia. Menter Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan para WNI saat ini tengah diungsikan di Jeddah, Arab Saudi. 

Retno menerangkan, ada sekitar 390 WNI yang akan pulang menggunakan pesawat Garuda Indonesia 991 dari Jeddah ke tanah air, hari ini (27/4). Mereka, ujar Retno, diperkirakan akan tiba di Indonesia Jumat (28/4) pukul 6.30 WIB.

"Menurut informasi rencananya adalah hari ini akan dipulangkan 390 WNI dari Jeddah ke Indonesia dan menurut rencana. Sekali lagi saya perlu tekankan menurut rencana, karena situasi selalu dinamis, sangat cair sehingga yang dapat kita sampaikan adalah rencananya," ujar Retno pada media di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/4).

Baca juga : 110 WNI di Sudan, Berhasil Dievakuasi Pesawat TNI AU

Situasi konflik yang terjadi di Sudan sangat dinamis sehingga rencana pemulangan WNI disampaikan oleh Retno bisa saja berubah. Sebanyak 390 WNI itu, terang Retno, merupakan WNI yang dievakuasi dari Ibu Kota Sudan Khartoum. Setibanya di Tanah Air, ratusan WNI tersebut akan dijemput langsung oleh Retno di bandara Soekarno-Hatta, esok.

Baca juga : Siap Pulangkan 897 WNI, Misi Evakuasi Menegangkan dari Sudan Akhirnya Tuntas

Mengenai progres evakuasi WNI dari Sudan, Retno menjelaskan telah berhasil dilakukan evaluasi tahap pertama mengeluarkan sebanyak 569 WNI dari Khartoum, Sudan. Dari 569 WNI, sambung Retno, 557 WNI diantaranya sudah sampai di Jeddah, Arab Saudi.

"Sudah menyeberang ke Jeddah. Ada 12 tinggal di Port Sudan itu sebagian besar adalah staf dari Kedutaan Besar RI (KBRI) yang mempersiapkan evakuasi tahap kedua," terang Retno. 

Sebanyak 328 WNI yang tersisa akan dievakuasi pada tahap kedua. Saat ini sudah terdapat 110 WNI yang berada di Port Sudan dan sudah menyebrang menuju Jeddah dengan pesawat TNI Angkatan Udara. Sebelum tiba di Jeddah, 110 WNI tersebut dievakuasi dari Sudan menggunakan kapal laut. 

" Kemarin dengan kapal laut karena memang transportasi yang memungkinkan adalah dengan kapal laut. Hari ini pesawat TNI sudah mendarat di Jeddah maka memungkinkan untuk mengambil 110 warga negara kita dari Port Sudan ke Jeddah. Ini akan juga diambil lagi sampai semuanya terangkut ke Jeddah. Dari Jeddah akan dipulangkan secara bertahap ke Indonesia," papar Retno.

Retno mengakui ada WNI yang menolak dievakuasi dengan alasan tidak ingin meninggalkan keluarga di Sudan. Pemerintah, sambungnya, tidak memaksakan evakuasi.

"Karena mereka alasan keluarga, mereka menikah dengan orang Sudan. Jadi kan kalo evakuasi tidak bisa dipaksa klo mereka memang karena alasan keluarga mereka memilih tinggal drngan keluarga barunya di sana. Itu adalah hak dari mereka yang harus kita hormati," tukasnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat