visitaaponce.com

Partai pro-Kurdi Terbesar Dukung Saingan Erdogan dalam Pemilu Turki

Partai pro-Kurdi Terbesar Dukung Saingan Erdogan dalam Pemilu Turki
Partai pro-Kurdi utama Turki memberikan dukungan untuk pesaing utama Erdogan.(AFP)

PARTAI pro-Kurdi utama Turki dan sekutu-sekutu sayap kirinya meminta para pemilih untuk mendukung saingan utama Presiden Recep Tayyip Erdogan, pada jajak pendapat tanggal 14 Mei.

Pengumuman ini mendorong salah satu blok suara terbesar di Turki untuk mendukung kandidat oposisi Kemal Kilicdaroglu. Dukungan itu semakin memperumit jalan Erdogan menuju masa pemerintahannya yang ketiga.

Partai Demokrasi Rakyat (HDP) atau partai terbesar ketiga di parlemen Turki, bulan lalu,  memutuskan tidak mengajukan calon presiden. Partai ini kemudian mengisyaratkan akan mendukung Kilicdaroglu, tanpa secara resmi mendukung pencalonannya.

Baca juga: Erdogan Beri Indonesia Penghargaan Tertinggi

"Dalam pemilu bersejarah ini, kami menyerukan kepada rakyat Turki untuk memilih Aliansi Buruh dan Kebebasan dalam pemilu parlemen dan Kemal Kilicdaroglu dalam pemilu presiden," kata HDP dan sekutunya dalam sebuah pernyataan.

Salah satu pemimpin HDP, Mithat Sancar, menyebut pemungutan suara yang akan datang sebagai pemungutan suara yang paling penting dalam sejarah Turki.

Baca juga: 25 Orang Tewas dalam Serangan Udara Rusia di Kota-kota Ukraina

"Itulah mengapa kami memutuskan untuk mendukung Kilicdaroglu," katanya kepada situs berita Sozcu.

HDP memenangkan lebih dari 10% suara dalam pemilu nasional sebelumnya dan mewakili komunitas yang mencakup sekitar seperlima populasi Turki. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat