visitaaponce.com

Baznas Pulangkan 118 Mahasiswa Riau dari Sudan

Baznas Pulangkan 118 Mahasiswa Riau dari Sudan
Mahasiswa Indonesia yang dievakuasi dari Sudan tiba di Tanah Air.(AFP/CHAIDEER MAHYUDDIN)

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau membiayai kepulangan 118 mahasiswa asal Riau dari Sudan. Total biaya yang dikeluarkan untuk upaya evakuasi itu mencapai Rp170 juta.

Ketua Baznas Provinsi Riau Masriadi Hasan mengatakan pihaknya berusaha membantu mahasiswa kembali ke Tanah Air karena situasi di Sudan sudah sangat tidak kondusif.

"Mahasiswa Riau dipulangkan dari Sudan akibat terjadinya konflik bersenjata di negara tersebut. Kami menilai itu sangat tidak aman bagi mereka jika masih bertahan di sana," ujar Masriadi melalui keterangan tertulis.

Baca juga: Perkuliahan di Sudan Diharapkan Kembali Normal

Sebagai lembaga zakat, ia mengatakan Baznas memiliki program peduli atau tanggap bencana dan pemulangan para mahasiswa masuk ke kategori tersebut.

"Oleh karena itu Baznas boleh menggunakan dana zakat untuk membantu adik-adik kita dari kampung halaman. Harapan kita situasi di Sudan baik-baik saja dan mahasiswa asal Riau bisa kembali belajar di sana," imbuhnya.

Baca juga: PBB Upayakan Bantuan kepada Sudan, Perang Pecah di Tengah Gencatan Senjata

Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau Rido Adriansyah mengatakan pemulangan mahasiswa asal Riau dilakukan secara bertahap yakni terbagi ke dalam empat kelompok terbang. Mereka terbang dari Sudan mulai 27 April 2023 menggunakan pesawat Super Air Jet. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat