visitaaponce.com

Perkuliahan di Sudan Diharapkan Kembali Normal

Perkuliahan di Sudan Diharapkan Kembali Normal
Mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Sudan dievakuasi dari wilayah konflik(AFP)

DUTA Besar Sudan untuk Indonesia Yassir Mohamed Ali Mohamed menilai kegiatan belajar mengajar diharapkan kembali normal empat bulan ke depan. Seluruh mahasiswa Indonesia pun dapat kembali menyelesaikan studi mereka.

"Pelayanan kampus sedang dipulihkan. Mahasiswa telah dievakuasi dengan aman dan pulang ke Jakarta. Mereka akan kembali ke Sudan secepat mungkin jika mereka berkenan untuk melanjutkan pendidikan mereka," kata Yassir saat memberikan keterangan resmi di kediamannya, Jakarta, Rabu (3/5).

Dia optimis konflik di Sudan akan segera tuntas dalam beberapa waktu ke depan. Setelah situasi kondusif semua sendi kehidupan di Sudan bisa berjalan seperti sedia kala.

Baca juga : Dubes Sudan: bukan Perang Saudara, tapi Kudeta RSF

"Kami memprediksi situasi akan dapat kembali normal dan sekolah dapat berjalan normal kembali. Insyaallah balik normal tiga atau empat bulan lagi buat sekolah," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Rois Suriyah Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Althof Madani Ahsin mengatakan studinya di pascasarjana Universitas Al-Quran Al-Karim Omdurman masih tersisa dua semester. Jika keamanan di Sudan memungkinkan ia berkenan kembali ke sana.

Baca juga : Presiden Sudan Selatan Tengahi Konflik Politik di Sudan

"Jika dalam waktu setengah tahun atau maksimal setahun Sudan sudah pulih pastinya kami ingin kembali meneruskan, tetapi lebih dari itu kami memilih tempat belajar yang lebih stabil keamanannya," paparnya.

Dia memiliki pilihan untuk melanjutkan studi di negara lain atau dalam negeri jika kondisi keamanan Sudan tak kunjung kondusif. "Untuk dalam negeri atau luar negeri, kami inginnya luar negeri, tetapi apabila situasi tidak memungkinkan, maka dalam negeri," pungkasnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat