visitaaponce.com

Indonesia Harus Jadi Contoh Jalankan Kesepakatan dari KTT ASEAN

Indonesia Harus Jadi Contoh Jalankan Kesepakatan dari KTT ASEAN
Presiden Imdonesia Joko Widodo (kanan) danMenteri Luar Negeri Retmo Marsudi mendengarkan pemaparan salah satu kepala negara saat KTT ASEAN(Antara)

PENGAMAT Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran Teuku Rezasyah menilai pentingnya koordinasi antar-anggota ASEAN. Tujuannya guna melakukan kesepakatan dan komitmen yang dicapai pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 di Labuan Bajo, NTT.

"Komitmen yang dihasilkan dari KTT ASEAN adalah sebuah produk yang kompromistis, dan berkekuatan hukum tinggi, dan mengikat negara-negara yang hadir. Namun dalam praktik di lapangan nantinya, diperlukan koordinasi yang mendalam di tingkat negara, yakni kementerian dan lembaga yang terkait," ujarnya kepada Media Indonesia, Jumat (13/5).

Baca juga : Panglima TNI: KTT ASEAN 2023 Berjalan Aman dan Lancar

Menurut dia sebagai Ketua ASEAN, Indonesia perlu memberikan contoh terbaik. Untuk urusan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) misalnya, Indonesia harus menyegerakan pembuatan Undang-undang bersama DPR RI.

Baca juga : Wujudkan Konektivitas ASEAN, Ini Tantangan yang Dihadapi IMT-GT Ke Depan

Setelah itu, lanjut dia, Indonesia harus mensosialisasikannya ke semua tingkatan proses dan hasil KTT ASEN di dalam dan luar negeri. "Menjadikan pengalaman di bidang TPPO ini sebagai titik temu bagi perkuatan ASEAN Community, karena mempertautkan semua pilar dalam ASEAN," pungkasnya. (Z-8)

Sebelumnya Polri mengungkap korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Filipina kini berjumlah 242 orang.

“Saya sampaikan hari ini, jumlahnya sekarang 242 kemarin 239,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes Nurul Azizah.

Lebih lanjut, Nurul menyebut pihaknya kini masih melakukan proses pendalaman pemeriksaan 2 orang tersangka WNI. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat