visitaaponce.com

4 Pesawat Militer Rusia Jatuh di Dekat Perbatasan Ukraina

4 Pesawat Militer Rusia Jatuh di Dekat Perbatasan Ukraina
Kerusakan di wilayah Bryansk, Rusia.(AFP)

Media Rusia, Kommersant melaporkan dua jet tempur Rusia dan dua helikopter militer ditembak jatuh di dekat perbatasan Ukraina di wilayah Bryansk, Rusia. Keempatnya adalah pesawat pembom tempur Sukhoi Su-34 Rusia, pesawat tempur Su-35, dan dua helikopter Mi-8. Tuduhan tersebut gencar diberikatan Kommersant meski masih belum bisa dikonfirmasi, hal itu membuat ketegangan antara Rusia dan Ukraina semakin meningkat.

Kommersant, sebuah harian independen yang berfokus pada bisnis yang dihormati, mengatakan bahwa empat pesawat yang juga bagian dari kelompok penyerbuan militer ditembak jatuh hampir secara bersamaan dalam sebuah penyergapan di wilayah Bryansk, yang berbatasan dengan timur laut Ukraina.

"Menurut data awal pesawat-pesawat tempur itu seharusnya mengirimkan serangan rudal dan bom ke target-target di wilayah Chernihiv, Ukraina, dan helikopter-helikopter itu ada di sana untuk mendukung mereka, di antaranya untuk menjemput para kru pesawat 'Su' jika ditembak jatuh," lapor media tersebut, Minggu, (14/5).

Kommersant tidak memberikan bukti untuk laporannya bahwa keempat pesawat tersebut telah dijatuhkan oleh pasukan Ukraina, tetapi pernyataan yang sama juga dibuat oleh beberapa blogger militer yang banyak diikuti.

Baca juga: Pihak Rusia Bantah Keunggulan Ukraina di Wilayah Bakhmut

Kementerian Pertahanan Rusia tidak segera menanggapi permintaan komentar. Tidak ada tanggapan resmi dari Ukraina, yang biasanya menolak untuk mengomentari laporan serangan di dalam wilayah Rusia, meskipun media sosial pro-Ukraina dibanjiri dengan spekulasi bahwa jatuhnya empat pesawat itu tidak disengaja.

Mykhailo Podolyak, penasihat senior Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, menulis dalam sebuah tweet bahwa pesawat-pesawat Rusia itu bermaksud meluncurkan serangan bom rudal ke wilayah Chernihiv, Ukraina. Namun, dihancurkan oleh orang-orang tak dikenal, yang ia gambarkan sebagai karma instan.

"Pembunuh bersayap' dihancurkan sebelum kejahatan berikutnya dilakukan," tulisnya.

Baca juga: Zelensky Bersumpah akan Kalahkan Rusia Hingga Bernasib seperti Nazi

Belum Terverifikasi

Kantor berita pemerintah Rusia, TASS, melaporkan pada hari Sabtu sebuah pesawat tempur Su-34 Rusia telah jatuh di wilayah tersebut, namun tidak menyebutkan penyebabnya.

TASS juga melaporkan seorang pejabat layanan darurat mengatakan kebakaran mesin pada sebuah helikopter Rusia telah menyebabkan helikopter tersebut jatuh di dekat kota Klintsy di Bryansk, sekitar 40 km (25 mil) dari perbatasan dengan Ukraina. Laporan tersebut tidak menyebutkan tentang Su-35 atau helikopter Rusia kedua yang jatuh atau ditembak jatuh.

Sebuah video yang diposting di saluran Telegram pro-perang Rusia, Voyenniy Osvedomitel, yang memiliki sekitar setengah juta pengikut, menunjukkan sebuah helikopter yang berada di ketinggian mengalami ledakan, terlempar dari jalurnya, lalu jatuh ke tanah dalam keadaan terbakar, dan kemudian gumpalan besar asap hitam pekat muncul dari tempat yang diduga sebagai tempat jatuhnya helikopter tersebut.

Komentar-komentar yang menyertai video tersebut, yang tidak dapat segera diverifikasi oleh kantor berita Reuters, mengatakan bahwa video tersebut menunjukkan sebuah Mi-8 yang ditembak jatuh oleh sebuah serangan rudal. Gambar-gambar lain yang diposting oleh saluran tersebut dan situs-situs blog militer lainnya menunjukkan gambar-gambar pesawat yang jatuh dan reruntuhan di ladang.

(Aljazeera/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat