visitaaponce.com

Jepang Janjikan Persaudaraan dengan Ukraina

Jepang Janjikan Persaudaraan dengan Ukraina
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berjalan berdampingan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky(AFP)

PERDANA Menteri Jepang Fumio Kishida menjanjikan solidaritas yang tak tergoyahkan dengan Ukraina dalam sebuah pidato yang sarat dengan simbolisme pengecaman upaya mengubah status quo dengan paksaan.

Kishida mengatakan bahwa invasi Moskow ke Ukraina telah menghantam fondasi utama tatanan internasional.

"Di mana pun di dunia, upaya untuk mengubah status quo secara sepihak dengan kekerasan tidak akan pernah bisa diterima," kata Kishida dalam sebuah pidato yang menandai hari terakhir KTT Kelompok Tujuh (G7).

Baca juga : Bertemu Presiden Ukraina Zelenskyy, Jokowi Sampaikan Dukungan Perdamaian

Kishida mengungkapkan G& akan berusaha untuk membawa perdamaian yang adil dan abadi secepat mungkin untuk Ukraina. Misi Jepang sebagai tuan rumah G7 adalah untuk menegakkan tatanan internasional yang bebas dan terbuka berdasarkan aturan hukum. 

Baca juga : Terang-terangan Lawan Rusia, AS Kembali Latih Pilot Ukraina

“Dan menunjukkan tekad kami untuk sepenuhnya membela perdamaian dan kemakmuran,”ungkapnya. 

Sebagai seorang advokat yang telah lama menentang senjata nuklir dan memiliki akar keluarga di Hiroshima, Kishida mengulangi seruannya untuk menciptakan dunia yang bebas dari ancaman perang nuklir. 

"Kita semua adalah warga Hiroshima,” ujarnya.

"Kami para pemimpin G7 berkumpul di sini di tempat ini melampaui waktu," kata Kishida. "Kita bersama-sama mendengar suara dan doa dari Hiroshima,” tambahnya.

Kishida menambahkan bahwa tidak boleh ada ancaman penggunaan senjata nuklir, apalagi penggunaan senjata nuklir, dalam upaya mengubah status quo secara paksa.

Penegasan itu merujuk dalam sebuah referensi yang jelas terhadap ancaman Rusia untuk menggunakan senjata nuklir. (Aljazeera/Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat