visitaaponce.com

Tujuh Jenazah ABK Kapal Tiongkok Ditemukan, Kemlu Gandeng Polri

Tujuh Jenazah ABK Kapal Tiongkok Ditemukan, Kemlu Gandeng Polri
Ilustrasi(Medcom)

SEBANYAK tujuh jenazah korban kapal tenggelam Tiongkok sudah ditemukan. Namun, belum ada korban yang dinyatakan warga negara Indonesia (WNI).

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha mengatakan konfirmasi penemuan jenazah sudah disampaikan Kedutaan Besar Tiongkok di Jakarta.

"Ketujuh jenazah tersebut belum dapat diidentifikasi. Untuk antisipasi, Kemenlu telah koordinasi dengan Pusdokkes Polri untuk pengambilan sampel DNA keluarga," kata Judha, Rabu (23/5).

Baca juga : DPR Minta Kemenlu Beri Kejelasan Soal 17 WNI Tenggelam di Kapal Tiongkok

Kapal tersebut tenggelam pada 16 Mei lalu dengan total awak kapal 39 orang. Sebanyak 17 warga Tiongkok, 17 WNI, dan lima asal Filipina.

Sementara itu, Kementerian Transportasi Tiongkok menganalisa kemungkinan korban selamat nihil. Hal ini mereka ungkap dalam akun media sosialnya.

"Berdasarkan analisa tenggelamnya kapal, dari penilaian awal, kemungkinan tidak ada yang selamat dari kapal. Kapal itu terbalik di wilayah pencarian dan penyelamatan Australia yang luas," kata Kedutaan Besar Tiongkok untuk Canberra.

Mereka mencatat lokasi kecelakan jaraknya 5 ribu kilometer di sebelah barat Perth, ibu kota negara bagian Australia Barat. 

Kementerian transportasi Negeri Tirai Bambu pada Selasa (23/5), mengatakan tim penyelamat telah menjelajahi area seluas sekitar 48.400 kilometer persegi, dan tidak menemukan tanda-tanda korban selamat. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat