visitaaponce.com

Biden dan McCarthy Finalisasi Kesepakatan Utang AS, Optimis Disahkan

Biden dan McCarthy Finalisasi Kesepakatan Utang AS, Optimis Disahkan
Joe Biden dan Kevin McCarthy sepakat meningkatkan plafon utang AS dan menghindari kebangkrutan.(AFP)

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan pemimpin Partai Republik, Kevin McCarthy, akhirnya sepakat untuk meningkatkan plafon utang AS dan menghindari kebangkrutan yang menghancurkan. Kini mereka menuju ke Kongres, yang perlu menyetujui kesepakatan tersebut sebelum pemerintah kehabisan uang.

Kompromi setelah beberapa minggu perundingan intens menawarkan jalan keluar dari jurang kebangkrutan. Meskipun waktu terus berjalan menuju tanggal 5 Juni yang disebut "tanggal X" di mana Departemen Keuangan memperkirakan mungkin tidak ada cukup uang untuk membayar tagihan dan utang.

"Saya pikir ini adalah langkah maju yang sangat penting," kata Biden dalam penampilan singkat di Gedung Putih, mendesak "kedua kamar (Kongres) untuk menyetujui kesepakatan tersebut."

Baca juga: AS Mengucapkan Selamat Atas Kemenangan Erdogan

"Ia menghilangkan ancaman kebangkrutan yang mengerikan, melindungi pemulihan ekonomi yang bersejarah dan sulit didapat kita, serta... merupakan kompromi yang berarti tidak ada yang mendapatkan semua yang mereka inginkan," tambah Biden.

Gedung Putih mengatakan Biden dan McCarthy berbicara sebelumnya dalam hari tersebut ketika mereka berjuang untuk menghindari kebangkrutan finansial yang mengancam untuk mengusir jutaan orang dari pekerjaan dan memicu kekacauan global.

Baca juga: AS: Rusia Tidak Bisa Menang Perang di Ukraina

McCarthy, di pihaknya, menyampaikan optimisme kesepakatan bipartisan dapat disetujui Kongres, meskipun skeptisisme dari beberapa anggota parlemen di kedua sisi.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Minggu (28/5), ketua DPR dan pemimpin kongres Republikan lainnya menyanjung kesepakatan tersebut sebagai "serangkaian kemenangan bersejarah."

McCarthy telah memanggil anggota Dewan Perwakilan Rakyat kembali ke Washington dari liburan untuk memberikan suara atas kesepakatan tersebut pada Rabu (31/5).

Kerangka dasar kesepakatan tersebut menangguhkan plafon utang federal, yang saat ini mencapai US$31,4 triliun, selama dua tahun. Durasi itu cukup untuk melewati pemilihan presiden berikutnya pada 2024 dan memungkinkan pemerintah terus meminjam uang dan tetap solvent.

Sebagai imbalannya, Republikan mendapatkan batasan-batasan pada pengeluaran federal dalam periode yang sama.

Ketidakpuasan 

Oposisi dari kongres terhadap undang-undang ini datang dari aliansi yang tidak mungkin antara Republikan sayap kanan yang ingin pemotongan pengeluaran yang lebih dalam dan Demokrat progresif yang tidak menginginkan pemotongan sama sekali.

McCarthy berusaha mempromosikan kesepakatan tersebut pada hari Minggu, berargumen di jaringan Fox bahwa batasan pengeluaran itu merupakan kemenangan yang signifikan dan bersikeras 95% dari anggota Republikan di DPR sangat antusias.

Proposal sebanyak 99 halaman itu dirilis secara publik, tersedia untuk diteliti anggota parlemen sebelum pemungutan suara. Senator Republikan papan atas, Mitch McConnell, meminta kamar sendiri - yang dikendalikan oleh Demokrat - untuk "secara cepat menyetujui kesepakatan ini tanpa penundaan yang tidak perlu."

Namun, nada oposisi dari pihak Republik ditetapkan oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dan Bishop - anggota House Freedom Caucus yang sangat konservatif - yang men-tweet emoji muntah dan mengkritik McCarthy karena hanya "mendapatkan sedikit".

Scorched Earth

Nicholas Creel, seorang analis politik dan profesor hukum bisnis di Georgia College and State University, mengatakan kesepakatan ini "pada akhirnya kemungkinan besar" akan disetujui oleh Kongres, tetapi ia memperingatkan bahwa "Republikan dari Freedom Caucus memiliki potensi untuk mengganggu jika mereka memutuskan untuk melakukan 'scorched earth' pada McCarthy."

Kesepakatan ini merupakan langkah mundur bagi kedua belah pihak. Awalnya, Biden menolak untuk bernegosiasi mengenai masalah pengeluaran sebagai syarat untuk meningkatkan plafon utang, dengan menuduh Republikan telah menyandera perekonomian.

Pemotongan besar yang diinginkan Republikan tidak ada, meskipun pengeluaran nonpertahanan akan tetap efektif stabil tahun depan, dan hanya naik secara nominal tahun 2025.

"Secara keseluruhan, kesepakatan ini mungkin terbaik dilihat sebagai kemenangan bagi Biden dan Demokrat karena berisi pemotongan pengeluaran yang cukup moderat dan akan mencegah pertikaian plafon utang atau penutupan pemerintah selama sisa masa kepresidenan Biden," kata Creel.

"Tidak ada yang memiliki cukup kekuatan untuk mendapatkan terlalu banyak yang mereka inginkan saat ini, jadi kompromi seperti ini yang membuat semua orang sedikit tidak puas mungkin yang terbaik yang dapat diharapkan," tambahnya.

Kecepatan 

Hitungan mundur menuju "tanggal X" berarti legislasi ini harus melewati Kongres dengan jauh lebih cepat daripada jadwal normal untuk undang-undang yang paling tidak kontroversial.

McCarthy berharap dapat membawa mayoritas tipis dari 222 anggota Republik di DPR bersamanya, tetapi akan ada penolakan dari 35 anggota sayap kanan yang mengatakan kepadanya untuk "menahan diri" agar mendapatkan pemotongan pengeluaran yang lebih luas.

Ini berarti sejumlah besar anggota Demokrat harus dipersuasi untuk memberikan suara bersama dengan jumlah anggota Republik yang lebih sedikit - sesuatu yang jarang terjadi pada undang-undang besar.

Pramila Jayapal, ketua House Progressive Caucus, mengatakan kepemimpinan Demokrat harus prihatin untuk memastikan dukungan mereka.

"Ya, mereka harus khawatir," katanya kepada CNN, sambil menambahkan bahwa dia "tidak senang" dengan apa yang dia dengar tentang pengorbanan yang dilakukan oleh Biden.

Jika kebangkrutan masih terjadi, pemerintah tidak akan mengabaikan pembayaran pinjaman sampai pertengahan Juni, tetapi pada saat yang sama kemungkinan harus menghentikan penyaluran US$25 miliar cek jaminan sosial dan gaji federal. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat