visitaaponce.com

Upaya Anggota Republik Garis Keras AS untuk Menggulingkan Ketua DPR

Upaya Anggota Republik Garis Keras AS untuk Menggulingkan Ketua DPR
Matt Gaetz dari Partai Republik mendorong pencopotan ketua DPR Amerika Serikat Kevin McCarthy.(AFP)

SEORANG anggota Partai Republik garis keras meluncurkan usaha untuk mencopot Ketua DPR AS, Kevin McCarthy, dari jabatannya. Upaya itu yang memicu kembali pertarungan dalam partai antara konservatif tradisional dan pendukung vokal mantan Presiden Donald Trump.

Matt Gaetz, seorang perwakilan dari Florida, mengajukan resolusi tersebut dari lantai DPR mengumumkan kekosongan jabatan Ketua DPR. Resolusi ini, yang memerlukan mayoritas suara untuk disetujui, tidak akan segera mendapatkan pemungutan suara.

Gaetz adalah salah satu tokoh utama dalam kelompok kecil legislator Partai Republik garis keras yang hampir mengakibatkan pemerintah terhenti dengan penolakan mereka untuk menerima pendanaan federal baru, tanpa pemotongan pengeluaran yang signifikan.

Baca juga: Masa Depan Bantuan AS untuk Ukraina dalam Ketidakpastian

Kelompok ini juga menentang penyediaan dukungan tambahan untuk Ukraina, dengan mengatakan uangnya akan lebih baik digunakan di Amerika Serikat untuk mengatasi masalah imigrasi ilegal. Para garis keras ini memiliki pengaruh besar dalam DPR karena kemenangan tipis Partai Republik dalam pemilu paruh waktu pada November tahun lalu.

Setelah DPR menyetujui tindakan mendesak pada hari Sabtu untuk memperpanjang pendanaan - pada tingkat saat ini dan tanpa tambahan bantuan untuk Ukraina - Gaetz mengatakan ia akan berusaha untuk mencopot McCarthy.

Baca juga: Biden Desak Kongres Segera Setujui Bantuan ke Ukraina

"Saya pikir kita perlu menyingkirkan perubahan ini," kata Gaetz kepada CNN pada hari Minggu.

Agar dapat memegang jabatan Ketua DPR pada bulan Januari, McCarthy terpaksa membuat kompromi dengan kelompok garis keras, termasuk perubahan aturan yang memungkinkan seorang anggota untuk mengajukan mosi pengosongan jabatan seperti ini.

Jadwal langkah-langkah selanjutnya terkait resolusi Gaetz ini masih bersifat variabel, dan belum jelas apakah anggota Partai Demokrat akan membantu McCarthy.

Gaetz mengatakan pada hari Minggu bahwa ia meyakini memiliki dukungan yang cukup dari anggota Partai Republik untuk mencopot McCarthy.

"Satu-satunya cara Kevin McCarthy tetap menjadi Ketua DPR pada akhir pekan ini adalah jika anggota Partai Demokrat membantu menyelamatkannya," kata Gaetz kepada CNN.

Presiden AS, Joe Biden, telah mengkritik McCarthy dan kelompok garis keras tersebut karena tidak memenuhi kesepakatan yang telah dibuat beberapa bulan yang lalu dalam krisis hutang yang seharusnya menghindari pertarungan penutupan yang merugikan, dan juga karena menghapus dukungan untuk Ukraina.

"Berhentilah bermain-main, selesaikan ini," kata Biden dalam konferensi pers pada hari Minggu, sambil menambahkan bahwa ia "sudah bosan dengan pertarungan terakhir-menit ini, dan demikian juga rakyat Amerika." (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat