visitaaponce.com

Jenazah Pendaki Jerman yang Hilang Ditemukan di Himalaya

Jenazah Pendaki Jerman yang Hilang Ditemukan di Himalaya
Pegunungan Himalaya(Sebastien BERGER / AFP)

Jenazah pendaki gunung asal Jerman Luis Stitzinger telah ditemukan di Kanchenjunga, Himalaya, gunung tertinggi ketiga di dunia. Hal itu diutarakan penyelenggara ekspedisi, Rabu (31/5), beberapa hari setelah pendaki itu hilang saat turun dari puncak.

Sebuah tim pencari yang terdiri dari lima pemandu Nepal menemukan tubuh Stitzinger tepat di bawah puncak sekitar 8.400 meter (27.600 kaki) pada hari Selasa, kata Mingma Sherpa dari Seven Summit Treks kepada AFP. "Mereka menurunkan tubuhnya," kata Sherpa.

Pria berusia 54 tahun itu telah mencapai puncak gunung Himalaya setinggi 8.586 meter pada 25 Mei tanpa oksigen tambahan tetapi kemudian kehilangan kontak. Upaya penyelamatan sebelumnya terhambat oleh kondisi cuaca.

Seorang pendaki gunung dan pemandu yang berpengalaman, Stitzinger sebelumnya telah mendaki beberapa gunung lain yang tingginya lebih dari 8.000 meter.

Nepal adalah rumah bagi delapan dari 10 puncak tertinggi dunia dan menyambut ratusan petualang setiap musim semi, saat suhu sedang dan angin Himalaya biasanya tenang.

Pemerintah setempat telah mengeluarkan lebih dari seribu izin untuk para pendaki pada musim ini, termasuk 44 untuk pendakian di Kanchenjunga.

Di Everest, sebanyak 12 orang telah dipastikan tewas dan lima lainnya hilang, menjadikan tahun 2023 sebagai tahun rekor kematian bagi para pendaki.

Bulan lalu, pendaki berusia 56 tahun Noel Hanna dari Irlandia Utara meninggal di Annapurna, gunung tertinggi ke-10 di dunia. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat