visitaaponce.com

Indonesia Satukan AS dan Tiongkok

Indonesia Satukan AS dan Tiongkok
Pesawat terbang TNI AL tampil pada pembukaan Latihan Angkatan Laut Multilateral Komodo (MNEK) ke-4 2023 di Makassar (5/6/2023)(INDRA ABRIYANTO / AFP)

AMERIKA Serikat (AS) dan Tiongkok dapat dihadirkan dalam satu waktu oleh Indonesia. Kedua negara digdaya yang sedang bersitegang ini bisa disatukan oleh Latihan Angkatan Laut Multilateral (MNEK) 2023 di Sulawesi, yang dimulai Senin (5/6).

Washington dan Beijing terlibat dalam persaingan sengit di bidang diplomatik, militer, teknologi, dan ekonomi. Militer AS telah meningkatkan operasinya di Asia-Pasifik untuk melawan Tiongkok yang semakin tegas.

AS baru-baru ini menggelar beberapa putaran latihan perang di sekitar Taiwan. Namun keduanya mengirimkan kapal perang ke MNEK 2023 yang diselenggarakan oleh Indonesia di perairan timur pulau Sulawesi.

Baca juga: Angkatan Laut AS Beri Interaksi Tidak Aman dengan Kapal Perang Tiongkok di Dekat Taiwan

“Angkatan Laut AS telah mengirimkan kapal tempur pesisir untuk latihan tersebut,” kata pernyataan Kedutaan AS di Jakarta.

Washington menilai latihan tersebut akan memungkinkan AS untuk bergabung bersama dengan negara-negara yang berpikiran sama dalam memecahkan tantangan bersama seperti tanggap kemanusiaan dan bencana. Kementerian Pertahanan Tiongkok mengatakan pekan lalu bahwa mereka akan mengirim kapal perusak dan fregat atas undangan Angkatan Laut Indonesia.

Baca juga: Xi Jinping Minta Militer Tiongkok Siaga Perang

Australia dan Rusia juga diharapkan mengirim kapal perang, menurut daftar undangan latihan ini. Terdapat 17 kapal asing yang terlibat dalam latihan tersebut, yang akan berfokus pada operasi non-militer dengan sekutu utama.

“MNEK merupakan pelatihan nonperang yang mengutamakan kerja sama maritim di kawasan,” kata Juru Bicara TNI Angkatan Laut I Made Wira Hady dalam keterangannya.

Washington dan Beijing telah berselisih tahun ini karena sejumlah masalah Asia-Pasifik termasuk Taiwan, pulau yang didukung AS dengan pemerintahan sendiri yang dianggap Tiongkok sebagai wilayahnya.

Mereka juga terlibat dalam pergumulan diplomatik atas negara-negara kepulauan Pasifik. Ketegangan meroket ketika balon mata-mata Tiongkok melintasi AS sebelum ditembak jatuh. (AFP/Cah/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat