visitaaponce.com

Jet Rusia dan Tiongkok Masuk Zona Pertahanan Udara Korsel

Jet Rusia dan Tiongkok Masuk Zona Pertahanan Udara Korsel
Ilustrasi(AFP)

BEBERAPA pesawat jet militer Rusia dan Tiongkok memasuki zona identifikasi pertahanan udara Korea Selatan pada Selasa (6/6). Merespon ancaman itu, otoritas setempat mendorong angkatan udara untuk mengirim pesawat tempur.

"Empat pesawat militer Rusia dan empat pesawat militer Tiongkok memasuki zona tersebut di lepas pantai timur dan selatan Korea Selatan sekitar jam makan siang pada hari Selasa," kata Kepala Staf Gabungan (JCS) Seoul dalam sebuah pernyataan.

Zona identifikasi pertahanan udara adalah area yang lebih luas dari wilayah udara suatu negara yang digunakan untuk mengendalikan pesawat demi alasan keamanan, tetapi konsep ini tidak didefinisikan dalam perjanjian internasional. "Militer Korea Selatan mengidentifikasi jet-jet Tiongkok dan Rusia sebelum masuk ke zona identifikasi udara," kata JCS.

Baca juga : Amerika, Jepang dan Korsel Bersekutu Antisipasi Rudal Korut

"Kami mengerahkan pesawat tempur angkatan udara untuk melakukan langkah-langkah taktis dalam persiapan jika terjadi keadaan darurat," tambahnya.

"Delapan jet asing tersebut tidak melanggar wilayah udara Seoul,” lanjut JCS.

Baca juga : Jet Tempur Mirage 2000 Jadi Salah Satu Pilihan untuk Perkuat TNI AU

Insiden ini terjadi setelah menteri pertahanan Korea Selatan, Jepang dan Amerika Serikat pada hari Sabtu lalu, sepakat untuk mengatur pembagian data real-time mengenai peluncuran rudal Korea Utara pada akhir tahun.

Korea Selatan telah mendukung sanksi Barat terhadap Rusia atas perang di Ukraina dan telah mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Kyiv. Namun Korea Selatan terikat oleh peraturannya sendiri yang melarang pasokan bantuan mematikan ke negara-negara yang sedang berkonflik. (AFP/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat