visitaaponce.com

Truk Tangki Minyak Terbakar Sebabkan Jalan Layang di Philadelphia Roboh

Truk Tangki Minyak Terbakar Sebabkan Jalan Layang di Philadelphia Roboh
Petugas pemadam kebakaran berada di dekat jalan layang yang roboh akibat truk tangki yang terbakar di Philadelphia, AS.(AFP/Kena Betancur)

SEBUAH jalan layang di salah satu jalan raya tersibuk di Philadelphia, Amerika Serikat (AS), roboh, Minggu (11/6) pagi. Penyebabnya adalah kebakaran sebuah truk tangki minyak di bawah jalan layang itu.

Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro memperkirakan perbaikan jembatan ini membutuhkan waktu berbulan-bulan. Namun, dalam insiden itu, tidak ada korban jiwa maupun terluka.

"Tidak ada yang melintas bepergian di sepanjang jalur Interstate 95. Tetapi pihak berwenang sedang bekerja untuk mengidentifikasi untuk memastikan orang yang mungkin terjebak dalam api di bawah jembatan ini," ujarnya.

Baca juga: Kasus Dokumen Rahasia Bisa Habisi Karir Politik Trump

Dengan sekitar 160 ribu kendaraan per hari melewati bagian jalan raya di timur laut Philadelphia itu, menurut sekretaris transportasi negara bagian Pennsylvania, runtuhnya jembatan ini kemungkinan akan menyebabkan pengalihan lalu lintas besar-besaran saat musim liburan musim panas ini.

Interstate 95 (I-95) menghubungkan kota-kota besar di sepanjang Pantai Timur AS dari Maine ke Florida selatan. Saphiro mengatakan sisi utara jembatan telah runtuh seluruhnya akibat kobaran api.

"Ini adalah jalur utama untuk orang dan barang, dan penutupan akan berdampak signifikan pada kota dan wilayah lain," kata Menteri Perhubungan AS Pete Buttigieg di Twitter.

Baca juga: Kuasa Hukum Sebut Trump Simpan Dokumen Rahasia Sebagai Kenang-Kenangan

Ia menambahkan pihaknya akan mengawasi pembangunan infrastruktur ini hingga kembali dapat dilewati kendaraan. 

Sementara itu, Saphiro mengatakan dia akan menandatangani deklarasi bencana pada Senin (12/6), guna pembiayaan pembangunannya tidak terkendala biaya.

Media lokal melaporkan polisi Philadelphia serta Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api dan Bahan Peledak (ATF) sedang mencari pengemudi kendaraan yang terkait dengan kebakaran tersebut. 

Seorang juru bicara ATF mengatakan kepada AFP bahwa divisi lapangannya di Philadelphia juga akan menyelidiki dugaan kelalaian pemadam kebakaran.

Gedung Putih mengatakan Presiden AS Joe Biden diberi informasi tentang situasi tersebut dan telah menghubungi pihak berwenang setempat untuk menawarkan bantuan. 

Gambar-gambar televisi menunjukkan api dan asap mengepul datang dari bagian I-95 yang hancur di Tacony, dengan jembatan layang yang telah jatuh ke jalur di bawahnya.

Saphiro mengatakan telah melihat kondisi di lapangan dan menggambarkannya sebagai kehancuran yang luar biasa. 

"Saya berterima kasih kepada Tuhan bahwa tidak ada pengendara yang berada di jalur I-95 yang terluka atau meninggal," katanya.

Kebakaran dimulai sekitar pukul 06:20 waktu setempat, katanya, ketika lalu lintas lengang. 

Penduduk sekitar mengatakan kepada media lokal bahwa mereka mendengar beberapa ledakan, yang menurut Kepala Batalyon Pemadam Kebakaran Philadelphia Derek Bowmer itu berasal dari kebakaran truk tangki minyak.

Pihak berwenang mengatakan mereka bergegas meningkatkan kapasitas angkutan umum di daerah tersebut untuk membantu publik. 

"Semua orang di sini bahwa setiap lembaga, lokal, negara bagian, dan federal bekerja sama untuk mengatasi ini," kata Shapiro. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat