visitaaponce.com

SpaceX Luncurkan Satelit Komunikasi Satria-1 Indonesia

SpaceX Luncurkan Satelit Komunikasi Satria-1 Indonesia
Sarelit Satria-1 yang diluncurkan oleh Space X(Ist)

SPACEX meluncurkan satelit komunikasi Indonesia ke orbit dari Florida pada Minggu (18/6) dan mengakhiri penerbangan dengan pendaratan roket tanpa cacat di laut.

Roket Falcon 9 yang mengangkut satelit telekomunikasi Satria-1 lepas landas dari Cape Canaveral Space Force Station di Florida, Amerika Serikat (AS) dan meluncur ke angkasa pada pukul 18.21 EDT (2221 GMT) setelah mengalami penundaan selama 15 menit karena angin kencang.

Tak lama setelah lepas landas, Booster tahap pertama Falcon 9 kembali ke Bumi untuk mendarat secara vertikal di pesawat nirawak SpaceX, A Shortfall of Gravitas, yang ditempatkan di Samudra Atlantik di lepas pantai Florida.

Baca juga : Siap Diluncurkan, Satelit SATRIA-1 akan Layani 50 Ribu Titik di Indonesia

Pendaratan berlangsung 8,5 menit setelah lepas landas, menandai peluncuran dan pendaratan ke-12 untuk pendorong khusus ini, dilaporkan deskripsi misi SpaceX.

Di antara upaya-upaya sebelumnya adalah empat misi Dragon ke Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk NASA, dua di antaranya berawak dan dua di antaranya adalah penerbangan pengisian ulang robotik.

Sementara itu, tahap atas Falcon 9 terus membawa SATRIA-1 ke orbit transfer geosinkron, yang pada akhirnya menempatkan satelit di sana hanya dalam waktu kurang dari 37 menit setelah lepas landas.

SATRIA-1 merupakan singkatan dari Satelit Republik Indonesia akan dioperasikan untuk pemerintah Indonesia oleh perusahaan Indonesia, PSN. (space/fer)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat