visitaaponce.com

Rencana Pendaftaran Slot Orbit Satelit NGSO, Menkominfo Temui Sekjen ITU

Rencana Pendaftaran Slot Orbit Satelit NGSO, Menkominfo Temui Sekjen ITU
Menkominfo Budi Arie Setiadi di Jenewa secara khusus diterima Sekretaris Jenderal ITU Doreen Bogdan-Martin(Dok Kemenkominfo)

MENTERI Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi didampingi Febrian A. Ruddyard (Wakil Tetap Republik Indonesia untuk Kantor Perserikatan Bangsa Bangsa di Jenewa, Organisasi Perdagangan Dunia, dan organisasi internasional lain) di Jenewa secara khusus diterima Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU), Doreen Bogdan-Martin. Dalam pertemuan tersebut, Menkominfo membahas beberapa hal strategis yang masuk dalam lingkup tugas ITU.

Salah satu di antaranya ialah rencana Indonesia mengembangkan satelit Low Earth Orbit (LEO). Jika hal ini dijalankan, pemerintah Indonesia perlu melakukan pendaftaran penggunaan slot orbit (filing) satelit NGSO untuk orbit equatorial.

Budi menekankan bahwa rencana ini dipertimbangkan agar Indonesia tidak hanya menjadi pengguna satelit LEO, tetapi juga menjadi pengembang yang kompetitif di level global. Untuk itu, Menteri Kominfo mendiskusikan kemungkinan kerja sama dengan ITU dalam merealisasikan rencana tersebut.

Sekjen ITU menyambut hangat dan menyampaikan bahwa Indonesia dapat memproses pendaftaran lebih lanjut sesuai dengan prosedur yang ada. Ia juga terbuka untuk membangun kerja sama antara kedua belah pihak. Beberapa bentuk kerja sama yang dimungkinkan ialah pengembangan kapasitas (capacity building), pemanfaatan berbagai forum substantif, dan dukungan para ahli.

Menkominfo memberikan apresiasi tinggi atas kerja sama yang terus berjalan antara Kominfo dan ITU. Demikian juga dengan Sekjen ITU yang menyambut hangat kolaborasi yang selama ini berjalan serta pengembangan kerja sama ke depan. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat