visitaaponce.com

KTT Paris Desak Perombakan Sistem Keuangan Global

KTT Paris Desak Perombakan Sistem Keuangan Global
Aksi unjuk rasa penolakan sumber energi berbasis fosil muncul di tengah berlangsungnya KTT Paris 2023 di Prancis, Jumat (23/6).(AFP/THOMAS SAMSON)

PARA pemimpin dunia hadir mendengarkan pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) untuk Pakta Pendanaan Global Baru di Paris pada Kamis, (22/6).

Dalam forum itu dismpaikan bahwa tanpa perombakan sistem keuangan global, komunitas internasional akan gagal mengatasi dua tantangan sekaligus yakni kemiskinan dan perubahan iklim.

Konferensi dua hari yang diselenggarakan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron dan dihadiri oleh Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Baca juga : Melirik Potensi Pendanaan Iklim Berbasis Keuangan Syariah

Salah satu agenda penting KTT Paris adalah menemukan cara-cara untuk meningkatkan sistem pinjaman bagi negara-negara berkembang yang terperosok dalam kemiskinan dan terancam oleh bencana iklim.

Dalam pidato pembukaannya, Macron mengatakan kepada para delegasi bahwa dunia membutuhkan guncangan keuangan publik untuk menghadapi tantangan-tantangan ini “Sistem yang ada saat ini tidak cocok untuk mengatasinya,” katanya.

Baca juga : Anggun Secara Resmi Dijadikan Nama Bunga Jenis Mawar Putih

"Para pembuat kebijakan dan negara-negara seharusnya tidak perlu memilih antara mengurangi kemiskinan dan melindungi planet ini," ujar Macron dalam pertemuan tersebut.

Tak memungkiri, negara-negara yang paling rentan terhadap cuaca ekstrem yang disebabkan oleh perubahan iklim sering kali melanda wilayah yang paling tidak siap untuk merespons dalam melindungi populasi mereka atau menerapkan kebijakan pengurangan emisi mereka sendiri.

Tanpa adanya keringanan utang bagi negara-negara berkembang untuk mengatasi tantangan lingkungan hidup, atau metode pembiayaan baru yang memperhitungkan prioritas pengentasan kemiskinan, para ahli percaya bahwa perjuangan melawan perubahan iklim dan kesulitan hidup telah hilang.

Dalam sebuah meja bundar pada hari pertama KTT yang berjudul "Metode baru: kemitraan pertumbuhan hijau” dan dimoderatori oleh Catherine Colonna, Menteri Eropa dan Luar Negeri Perancis. Dihadapan para pemimpin dunia, mereka membahas potensi kemitraan berbagai pemangku kepentingan. (Arabnews/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat