visitaaponce.com

Seperti Anjing, Serigala Kenali Suara Manusia yang Familiar

Seperti Anjing, Serigala Kenali Suara Manusia yang Familiar
Seekor serigala berdiri di dalam kandangnya di Colorado Wolf and Wildlife Center (CWWC) di Divide, Colorado, pada 28 Maret 2023.(AFP/Jason Connolly.)

SEPERTI anjing, serigala lebih mengenali dan menanggapi suara manusia yang dikenalnya daripada orang asing. Ini menurut penelitian yang berimplikasi pada kisah domestikasi anjing dan pemahaman kita yang lebih luas tentang alam.

Holly Root-Gutteridge dari University of Lincoln, rekan penulis makalah yang muncul di Animal Cognition minggu ini, mengatakan kepada AFP bahwa teori lama menyatakan bahwa kemampuan anjing untuk membedakan suara manusia ialah konsekuensi dari generasi pemuliaan selektif. "Jadi kami ingin melihat serigala, karena jelas belum ada yang menyeleksi agar serigala bisa mengenali suara manusia," katanya.

Root-Gutteridge dan rekannya melakukan eksperimen di lima kebun binatang dan taman margasatwa di Spanyol, melibatkan total 24 serigala abu-abu, jantan dan betina, berusia antara satu hingga 13 tahun. Tim menyiapkan pengeras suara. 

Baca juga: Perusahaan Bahan Kimia Bayar Ganti Rugi Pencemaran Air

Pertama, mereka memainkan suara sejumlah orang asing pada hewan yang akan terbiasa. Dengan kata lain, ini membuat serigala bosan, karena memutuskan itu tidak penting.

Kemudian, mereka memainkan serigala dengan suara penjaga mereka yang akan mengatakan hal-hal yang akrab bagi mereka dalam bahasa Spanyol, seperti "Hei, apa kabar serigala?" atau "Halo anak kecil, selamat pagi, apa kabar?" Dalam gerakan yang akan langsung dikenali oleh pemilik anjing mana pun, serigala mengangkat kepala, menajamkan telinga, dan menoleh ke arah pembicara.

Baca juga: Pelajari Tujuh Hewan ini yang Punya Ciri Khusus

Untuk menguji efeknya agar tidak acak, para peneliti kembali memainkan rekaman serigala dari orang asing dan menemukan bahwa mereka sekali lagi kehilangan minat. Akhirnya, untuk memastikan serigala benar-benar mengenal suara penjaga mereka, daripada hanya mengetahui kata-kata yang biasanya diucapkan oleh manusia yang akrab kepada mereka, tim mencampuradukkan hal-hal dan membuat penjaga mengucapkan serangkaian frasa yang tidak biasa.

Hewan mendengarkan

Sekali lagi hasilnya bertahan. Fakta bahwa serigala berinteraksi dengan suara tanpa tubuh yang diputar melalui pengeras suara menggemakan yang terlihat pada anjing dari era gramofon.

Baca juga: Kutub Utara Menghangat, Karibu dan Muskoxen Perlambat Hilangnya Keanekaragaman

Dalam hal implikasi, Root-Gutteridge mengatakan penting bahwa serigala memiliki kemampuan untuk membedakan antara manusia meskipun fakta bahwa spesies kita terpisah secara evolusioner puluhan juta tahun yang lalu.

Sebelumnya, ada studi terbatas tentang cara hewan membedakan antara vokalisasi spesies lain. Penelitian telah menunjukkan sepupu dekat kita, gorila mendengarkan orang, tetapi itu sudah diduga.

Gajah berotak besar juga ditemukan membedakan jenis kelamin, usia, dan etnis manusia dengan suaranya. Ini memberikan nilai ancaman yang lebih kecil, misalnya, untuk wanita dan anak-anak.

Mengingat temuan baru itu, "Kemungkinan besar, banyak spesies mendengarkan kita dan mengenal kita sebagai individu," kata Root-Gutteridge.

Dan itu tidak semua tentang kita, katanya. Anjing dapat mendengarkan kucing tetangga dan memahami perbedaan antara meong yang satu atau yang lain, misalnya. "Jika kemampuannya seumum itu, ini berarti hewan mungkin memiliki lebih banyak interaksi lintas spesies daripada yang kita pikirkan sebelumnya." (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat