visitaaponce.com

Lagi, Jurnalis Meksiko Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal

Lagi, Jurnalis Meksiko Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal
Ilustrasi penembakan jurnalis di Mexico.(vhv.rs)

WARTAWAN asal Meksiko bernama Nelson Matus tewas ditembak di kota resor pantai Acapulco di negara bagian Guerrero di barat daya pada Sabtu (15/7). Menjabat posisi direktur kantor berita lokal Lo Real de Guerrero, Matus ditembak di dalam mobilnya di tempat parkir sebuah toko, lapor surat kabar Meksiko El Universal.

Sementara koran Reforma melapor penembakan terjadi setelah pukul 15.00 waktu setempat di lingkungan Emiliano Zapata di utara Acapulco. Matus pernah selamat dari dua upaya pembunuhan pada 2017 dan 2019.

Baca juga: Enam Orang Tewas dalam Serangan Bom Terhadap Polisi Meksiko

Kematian Matus terjadi satu minggu setelah jenazah Luis Martin Sanchez, jurnalis surat kabar Meksiko La Jornada, ditemukan setelah hilang di negara bagian Nayarit.

Kantor jaksa agung negara bagian Guerrero belum menanggapi permintaan komentar dari awak media. Di Meksiko, menyelidiki kasus korupsi, kartel narkoba, dan berbagai kejahatan lain merupakan aksi yang dapat membahayakan keselamatan jurnalis.

Baca juga: Pengunjuk Rasa di Meksiko Bebaskan 13 Personel Keamanan yang Ditawan

Tahun lalu, Meksiko menjadi negara paling mematikan di dunia bagi para jurnalis, menurut data pengawas media Reporters without Borders.

(Malay Mail/Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat