visitaaponce.com

Pilot Helikopter Meninggal Saat Memadamkan Kebakaran Hutan di Kanada

Pilot Helikopter Meninggal Saat Memadamkan Kebakaran Hutan di Kanada
Seorang pilot helikopter meninggal saat berupaya memadamkan kebakaran Hutan di Kanada. Membuat total korban jiwa kebakaran ini mencapai 3 or(AFP)

SEORANG pilot meninggal dalam kecelakaan helikopter di wilayah barat Kanada, saat berjuang melawan kebakaran hutan yang telah menghantam negara tersebut, demikian diumumkan pihak kepolisian, Kamis (20/7).

Pilot tersebut menjadi orang ketiga yang meninggal dunia dalam upaya pemadaman kobaran api besar ini. Sebelumnya dua petugas pemadam kebakaran yang tewas minggu lalu dalam misi terpisah.

Helikopter yang diterbangkannya dilaporkan hilang pada Rabu (19/7) sore. Heli tersebut baru ditemukan di dekat Danau Haig di provinsi Alberta bagian utara.

Baca juga: Tahun Ini, Kebakaran Lahan Kanada Hancurkan 10 Juta Hektare

Badan Keselamatan Transportasi Kanada menyatakan bahwa pesawat tersebut "menabrak wilayah datar saat dalam misi pemadaman kebakaran," di lokasi terpencil. Badan Keselamatan Transportasi Kanada juga mengonfirmasi telah membuka investigasi terkait kecelakaan ini.

Petugas kehutanan berusaha melakukan resusitasi pada korban, yang merupakan satu-satunya orang di dalam helikopter tersebut, menurut pernyataan dari Kepolisian Gunung Kerajaan Kanada provinsi tersebut.

Baca juga: Danau ini Menyimpan Jejak Dampak Ulah Manusia di Bumi

Pilot berusia 41 tahun itu dilarikan ke bandara, di mana nyawa dinyatakan telah tiada. "Kami merasa sedih melihat kehilangan seorang warga Kanada yang telah berjuang melawan kebakaran hutan," tulis Perdana Menteri Justin Trudeau di akun Twitter-nya.

"Jasanya dalam melayani provinsinya dan negara tidak akan pernah kami lupakan," tambahnya.

Lebih dari 11 juta hektare (27 juta acre) lahan telah terbakar tahun ini. Menteri Lingkungan Steven Guilbeault mengatakan kebakaran kali ini 10 kali lipat dari rata-rata nasional. Pada Kamis, lebih dari 880 kebakaran terjadi di Kanada. Di mana 13 kebakaran baru  dan 546 di antaranya berada dalam kondisi tidak terkendali.

Kebakaran tersebut sebagian besar melanda hutan boreal yang jauh dari daerah permukiman, sehingga risiko bagi penduduk setempat relatif kecil. Namun tetap berdampak besar terhadap lingkungan.

Kanada, yang mengalami pemanasan lebih cepat dibandingkan negara-negara lain akibat letak geografisnya, telah menghadapi peristiwa cuaca ekstrem yang intensitas dan frekuensinya meningkat akibat perubahan iklim. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat