visitaaponce.com

Biden Menetapkan Kepala CIA Burns sebagai Anggota Kabinet

Biden Menetapkan Kepala CIA Burns sebagai Anggota Kabinet
Presiden AS menetapkan direktur CIA William Burns sebagai anggota kabinet.(AFP)

Presiden Joe Biden mengumumkan pada Jumat bahwa ia telah menetapkan Direktur CIA, William Burns, sebagai anggota kabinet. Langkah itu dinilai secara simbolis mengakui peran yang lebih luas dari kepala agen rahasia AS dalam pemerintahan.

Biden memuji Burns karena memberikan "analisis yang jelas dan tegas yang mengutamakan keselamatan dan keamanan rakyat Amerika."

"Di bawah kepemimpinannya, CIA memberikan pendekatan jangka panjang yang jelas terhadap tantangan keamanan nasional teratas negara kita - mulai dari menghadapi agresi brutal Rusia terhadap Ukraina, hingga mengelola persaingan yang bertanggung jawab dengan Republik Rakyat Tiongkok, hingga mengatasi peluang dan risiko teknologi yang sedang berkembang," ujar Biden.

Baca juga: Joe Biden dan Utusan Vatikan Bahas Perang Ukraina

Tindakan Biden berarti Burns akan menjadi anggota kabinet bersama dengan atasannya langsung, Direktur Intelijen Nasional, Avril Haines, serta semua menteri departemen lainnya.

Sebelum Kantor Direktur Intelijen Nasional didirikan pada 2005, direktur CIA bertugas di dalam kabinet presiden. Selama kepresidenan Donald Trump (2017-2021), kedua kepala CIA-nya, Mike Pompeo dan Gina Haspel, juga termasuk dalam kabinet.

Baca juga: Korut Tutup Pintu Bagi Amerika soal Pemulangan Tentaranya

Sebagai seorang diplomat karier yang pernah menjadi duta besar untuk Rusia, Burns, yang berusia 67 tahun, menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Pusat pada 2021. Sejak invasi Rusia ke Ukraina, dia telah memainkan peran utama dalam menjaga hubungan yang sangat retak antara Washington dan Moskow.

Beberapa minggu sebelum invasi, dia terbang ke Moskow untuk memperingatkan pejabat-pejabat bahwa Amerika Serikat mengetahui rencana invasinya dan memperingatkan tentang tanggapan dari Barat.

Bulan lalu, ketika Amerika Serikat khawatir tentang dampak bagi keamanan global dari pemberontakan kelompok militer pribadi Wagner, Burns berbicara panjang dengan rekan sejawatnya dari Rusia, Sergei Naryshkin, kepala intelijen luar negeri SVR.

Burns menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia merasa terhormat dan undangan Biden tersebut "mengakui kontribusi penting CIA dalam keamanan nasional setiap hari." Sementara itu, Haines mengatakan dia "sangat senang" dengan langkah tersebut. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat