visitaaponce.com

Presiden AS Joe Biden dan G7 Desak Hamas Terima Kesepakatan Gencatan Senjata Gaza

Presiden AS Joe Biden dan G7 Desak Hamas Terima Kesepakatan Gencatan Senjata Gaza
Presiden AS Joe Biden mendesak Emir Qatar, Sheik Tamim bin Hamad Al Thani, untuk mengamankan kesepakatan gencatan senjata oleh Hamas(X/@POTUS)

PRESIDEN AS Joe Biden mendesak Emir Qatar Sheik Tamim bin Hamad Al Thani untuk menggunakan semua langkah yang tepat guna mengamankan penerimaan kesepakatan gencatan senjata oleh Hamas, menurut keterangan dari Gedung Putih.

Kedua pejabat tersebut, menurut Gedung Putih, mengonfirmasi kesepakatan gencatan senjata dan pembebasan tawanan menawarkan peta jalan konkret untuk mengakhiri perang di Gaza.

Biden mengatakan dapat mengonfirmasi "kesiapan Israel untuk melanjutkan kesepakatan yang sekarang telah ditawarkan kepada Hamas".

Baca juga : Joe Biden: Akan Ada Gencatan Senjata Besok, Jika Hamas Lepaskan Sandera

Dia juga menekankan "ini adalah kesempatan terbaik untuk mencapai kesepakatan dan bahwa penolakan berkelanjutan dari Hamas untuk melepaskan sandera hanya akan memperpanjang konflik dan menghalangi bantuan kepada rakyat Gaza", menurut pernyataan tersebut.

Presiden menegaskan kembali AS, Mesir, dan Qatar berkomitmen untuk "implementasi penuh dari seluruh kesepakatan".

G7

Blok negara-negara Group of Seven (G7) menyatakan dukungannya terhadap kesepakatan perdamaian Gaza yang didukung Biden dan menyerukan kepada Hamas untuk menerimanya.

Baca juga : Presiden AS Joe Biden Berharap Gencatan Senjata di Gaza Pekan Depan

Negara-negara G7 adalah Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Prancis, Jerman, Italia, dan Spanyol.

"Kami ... sepenuhnya mendukung" rencana gencatan senjata "yang akan mengarah pada gencatan senjata segera di Gaza, pembebasan semua sandera, peningkatan signifikan dan berkelanjutan dalam bantuan kemanusiaan untuk distribusi di seluruh Gaza, dan akhir yang langgeng dari krisis dengan kepentingan keamanan Israel dan keselamatan warga Gaza terjamin," kata sebuah pernyataan.

"Kami menyerukan kepada Hamas untuk menerima kesepakatan ini, yang Israel siap untuk melanjutkannya, dan kami mendesak negara-negara yang memiliki pengaruh atas Hamas untuk membantu memastikan bahwa hal itu dilakukan."

Hamas mengatakan mereka memandang proposal tersebut "secara positif". Pejabat Israel mengatakan perang harus terus berlanjut sampai Hamas "dihancurkan". (Al Jazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat