visitaaponce.com

Joe Biden Akan Ada Gencatan Senjata Besok, Jika Hamas Lepaskan Sandera

Joe Biden: Akan Ada Gencatan Senjata Besok, Jika Hamas Lepaskan Sandera
Presiden AS Joe Biden mengatakan akan ada "gencatan senjata besok", jika Hamas mau melepaskan sandera yang ditahan di Gaza.(AFP)

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan akan ada "gencatan senjata besok", jika Hamas mau melepaskan sandera yang ditahan di Gaza.

“Seperti yang saya katakan, itu terserah Hamas – jika mereka ingin melakukannya, kita bisa mengakhirinya besok. Dan gencatan senjata akan dimulai besok,” kata Biden pada acara penggalangan dana di Seattle pada hari Sabtu, menurut wartawan di ruang tersebut.

Keluarga dari lima orang Amerika yang diyakini disandera di Gaza, bertemu dengan penasihat keamanan nasional Jake Sullivan dan koordinator Timur Tengah Brett McGurk, Jumat.

Baca juga : Presiden AS Joe Biden Berharap Gencatan Senjata di Gaza Pekan Depan

"Menurut pembacaan pertemuan dari perwakilan keluarga tersebut, mereka mengungkapkan rasa frustrasi mereka yang luar biasa dengan adanya jeda lagi, terutama setelah video sandera baru-baru ini menunjukkan orang yang mereka cintai cacat, kurus, pucat, dan jelas-jelas berada di bawah tekanan” kepada pejabat pemerintahan Biden.

Saat ini tim perunding Israel dan Hamas meninggalkan Kairo, tanpa kesepakatan awal pekan ini.

Militan Hamas mengatakan penolakan Israel terhadap rencana gencatan senjata yang diajukan mediator pada perundingan di Kairo membuat pembicaraan pembebasan sandera kembali ke titik awal. 

Hamas menuduh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menghalangi perundingan gencatan senjata menggunakan negosiasi sebagai kedok, untuk menyerang kota Rafah di Gaza selatan.

Israel telah berulang kali menolak menyetujui gencatan senjata permanen di Gaza sampai Hamas dikalahkan, bahkan jika semua sandera dibebaskan. Pada hari Selasa, Netanyahu mengatakan bahwa “usulan Hamas sangat jauh dari tuntutan inti Israel.” (CNN/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat