visitaaponce.com

Menlu Negara Arab Menegaskan Dukungan untuk Rencana Gencatan Senjata di Gaza

Menlu Negara Arab Menegaskan Dukungan untuk Rencana Gencatan Senjata di Gaza 
Para menteri luar negeri dari Arab Saudi, Yordania, UEA, Qatar, dan Mesir mengungkapkan pentingnya proposal gencatan senjata Biden(UNRWA)

PARA menteri luar negeri Arab Saudi, Yordania, UEA, Qatar, dan Mesir menyatakan penting untuk menangani secara serius dan positif proposal yang diajukan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang akan mengarah pada gencatan senjata di Gaza.

Biden, Jumat, menyampaikan rencana tiga fase Israel yang akan mengakhiri konflik di Gaza, membebaskan semua sandera dan mengarah pada rekonstruksi wilayah Palestina yang hancur tanpa kekuasaan Hamas.

Para menteri luar negeri bertemu secara virtual, membahas proposal tersebut dan upaya mediasi AS-Qatar-Mesir untuk kesepakatan pertukaran sandera Israel dan tahanan Palestina yang akan mengarah pada gencatan senjata permanen serta masuknya bantuan yang cukup ke Gaza.

Baca juga : 4 Negara Arab Tegaskan Sikap soal Agresi Israel di Jalur Gaza

Dilansir Saudi Press Agency, Menteri luar negeri Yordania, UEA, dan Arab Saudi menegaskan dukungan mereka terhadap upaya tersebut.

Para menteri menekankan perlunya menghentikan agresi Israel di Gaza, mengakhiri bencana kemanusiaan yang diakibatkannya, dan mengizinkan para pengungsi untuk kembali ke daerah mereka.

Mereka menyerukan penarikan penuh pasukan Israel dari Jalur Gaza dan peluncuran proses rekonstruksi dalam kerangka rencana komprehensif untuk menerapkan solusi dua negara sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan yang relevan dan dengan waktu yang spesifik serta jaminan yang mengikat.

Para menteri menekankan bahwa penerapan solusi dua negara, yang mencakup negara Palestina yang merdeka dan berdaulat sesuai dengan tanggal 4 Juni 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya, adalah cara untuk mencapai keamanan dan perdamaian bagi semua negara di kawasan. (Arabnews/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat