visitaaponce.com

Doksuri Tewaskan Dua Warga Filipina

Doksuri Tewaskan Dua Warga Filipina
Anak-anak terciprat air laut yang membentur tanggul di Metro Manila, Filipina, Rabu (26/7).(AFP/JAM STA ROSA)

BADAI dahsyat menghantam Filipina utara pada Rabu (26/7) menewaskan dua orang. Topan yang disebut Doksuri ini juga menumbangkan pohon dan mematikan listrik saat ribuan orang berlindung di pusat evakuasi darurat.

"Topan itu perlahan bergerak menjauh dari Pulau Dalupiri, dari ujung utara pulau utama Luzon, dan menuju perairan terbuka," kata badan cuaca negara bagian dalam pembaruan Kamis (27/7), pukul 09.00 waktu setempat.

Badan tersebut sebelumnya memperingatkan tentang kondisi bahaya yang mengancam jiwa karena kecepatan maksimum angin mencapai 175 km per jam dan hujan lebat mengguyur wilayah berpenduduk sedikit itu.

Baca juga: Satu Orang Tewas Usai Topan Doksuri Hantam Filipina

Otoritas setempat mengatakan seorang wanita yang menjual roti gulung meninggal karena tertimpa pohon kelapa yang tumbang di provinsi utara Isabela pada Rabu (26/7). Korban tewas lainnya yakni seorang anak laki-laki berusia 16 tahun yang tertimpa longsoran tanah di kota pegunungan utara Baguio

Doksuri adalah topan super yang menyapu Samudra Pasifik tetapi melemah saat mendekati Filipina. Badai diperkirakan akan melemah saat bergerak melintasi Laut China Selatan, menyerempet Taiwan sebelum mendarat di Tiongkok pada Jumat (28/7).

Baca juga: Topan Doksuri di Filipina Picu Air Sungai Meluap dan Listrik Padam

Kedatangan topan itu memicu gelombang tinggi yang menghantam pantai tenggara Taiwan pada Rabu. Tiongkok juga mengeluarkan peringatan tertinggi untuk Doksuri, menghentikan aktivitas kereta api dan memanggil kapal nelayan ke pantai saat badai mendekat. (AFP/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat