visitaaponce.com

4 Tentara Australia Hilang dalamt Kecelakaan Helikopter saat Latihan Militer Bersama AS

4 Tentara Australia Hilang dalamt Kecelakaan Helikopter saat Latihan Militer Bersama AS
Helikopter MRH-90 milik militer Australia yang jatuh dan hilang di Samudera Pasifik saat latihan bersama AS.(AFP)

EMPAT anggota militer Australia masih hilang setelah helikopter MRH-90 yang mereka operasikan jatuh di perairan Samudera Pasifik, tepatnya di Queensland. Peristiwa tersebut terjadi di tengah latihan militer bersama antara Australia dengan Amerika Serikat (AS) dalam rangka persiapan menghadapi Tiongkok.

"Australia telah menghentikan latihan militer dengan AS setelah kecelakaan helikopter menyebabkan empat awak pesawat hilang. Lokasi kejadian berada di perairan lepas pantai negara bagian timur laut Queensland sekitar pukul 22:30 pada Jumat (28/7)," kata Menteri Pertahanan Australia Richard Marles, Sabtu. (29/7).

Menurut dia keluarga dari empat awak pesawat telah diberitahu tentang kejadian ini. Dia mengharapkan keempat awak helikopter itu dapat segera ditemukan dalam kondisi selamat.

Baca juga: Putin Jamu Para Pemimpin Afrika di Rusia

"Harapan serta pikiran kami sangat tertuju pada awak pesawat dan keluarga mereka. Kami sangat berharap untuk berita yang lebih baik sepanjang hari ini," jelasnya.

Helikopter itu telah mengambil bagian dalam gelaran Talisman Sabre, latihan militer gabungan Australia-AS yang melibatkan 13 negara, termasuk Jepang, Prancis dan Jerman, dan lebih dari 30 ribu personel.

Baca juga: Terima Meloni, Biden Bahas Isu Ukraina dan Abaikan Tiongkok

Penyebab Belum Diketahui

Pejabat terkait belum menjelaskan penyebab insiden tersebut atau mengindikasikan kapan latihan dapat dilanjutkan. Pencarian awak pesawat yang hilang telah dilakukan sejak kejadian dilaporkan.

Akibat kejadian tersebut latihan telah dihentikan sementara untuk mempermudah pencarian. Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, yang berada di Australia bersama Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memberikan penghormatan kepada keempat awak helikopter yang hilang.

Menurut dia selalu sulit ketika mengalami kecelakaan dalam latihan. Tetapi alasan berlatih dengan standar setinggi itu adalah agar prajurit bisa sukses, dan dapat melindungi nyawa ketika dipanggil untuk menjawab krisis.

“Orang-orang kami cenderung membuat ini terlihat mudah dan mereka membuatnya terlihat mudah karena mereka dilatih dan dilatih dengan sangat baik, dan sayangnya ini adalah bagian dari itu, apa yang diperlukan untuk membawa mereka ke tempat yang kami butuhkan, "tambah Austin.

Australia sedang melakukan perombakan terbesar militernya sejak Perang Dunia II, mengalihkan penekanan ke kemampuan serangan jarak jauh dengan memperhatikan musuh potensial, termasuk Tiongkok.

(Aljazeera/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat