visitaaponce.com

Angin Kencang Memperlambat Penyelamatan Kapal Terbakar di Lepas Pantai Belanda

Angin Kencang Memperlambat Penyelamatan Kapal Terbakar di Lepas Pantai Belanda
Angin kencang menghambat upaya penyelamatan kapal kargo yang mengangkut kendaraan lisgtrik yang terbakar di lepas pantai Belanda.(AFP)

UPAYA penyelamatan kapal kargo yang penuh dengan kendaraan listrik yang terbakar di lepas pantai Belanda terhambat angin kencang, Sabtu (29/7), demikian diungkapkan pejabat. Kebarkaran itu dikhawatiran akan akibatkan bencana ekologis.

Kapal Fremantle Highway yang masih membara. Hal tersebut diduga karena mobil listrik yang menyulut kebakaran. Kondisi itu membuat petugas tidak bisa memindahkan kapal ke lokasi baru, menurut badan pengelolaan air nasional, Rijkswaterstaat.

Meskipun api sudah melemah, perubahan arah angin kini menyelimuti kapal penyelamat yang ditunjuk untuk menarik kapal tersebut, sehingga menimbulkan risiko kesehatan dan keselamatan bagi kru.

Baca juga: 9 Orang Meninggal Akibat Ledakan Gudang Kembang Api di Thailand Selatan

Badan tersebut menyatakan, tidak ada konsekuensi langsung yang diharapkan terjadi pada lingkungan sekitarnya akibat kebakaran tersebut.

Kapal tersebut masih berada dekat dengan pulau-pulau Terschelling dan Ameland, yang merupakan bagian dari gugusan kepulauan yang sensitif secara ekologis di Laut Wadden.

Baca juga: Pertemuan G20 India Nihil Kontribusi Atasi Perubahan Iklim

"Kami bisa sedikit lebih optimis tetapi risiko masih ada," kata Manfred Santen dari Greenpeace Jerman, yang mengunjungi lokasi tersebut pada hari Sabtu dan mencatat bau yang "sangat mengerikan" yang dihasilkan.

Dampak dari bahan kimia yang dilepaskan dari plastik dan material yang terbakar di dalam mobil tetap menjadi perhatian, terutama pada mikroorganisme dan spesies lain di ujung bawah rantai makanan yang menjadi sumber makanan bagi burung dan ikan.

Perusahaan sewa kapal K Line yang berbasis di Jepang melaporkan bahwa ada 3.783 mobil di dalam kapal tersebut, termasuk 498 unit kendaraan listrik.

Seorang pelaut tewas setelah dia dan 22 orang lainnya diselamatkan dari kapal yang terbakar itu, yang memaksa beberapa anggota kru untuk melompat ke laut. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat