visitaaponce.com

Tiongkok Dilanda Badai Terburuk Sejak 140 Tahun Terakhir

Tiongkok Dilanda Badai Terburuk Sejak 140 Tahun Terakhir
Tiongkok dilanda bencana banjir terburuk(AFP)

HUJAN ekstrem melanda Beijing, Tianjin dan Provinsi Hebei setelah diterjang Topan Doksuri pada akhir Juli lalu. Hujan deras itu menyebabkan banjir dan kerusakan yang meluas di wilayah tersebut.

Badai ini dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 20 orang dan menyebabkan ratusan ribu penduduk dievakuasi. Bahkan tercatat sebagai badai terburuk yang melanda Tiongkok dalam lebih dari satu dekade terakhir dan curah hujan terberat dalam 140 tahun terakhir.

Dilaporkan jumlah curah hujan sejak hari Sabtu telah memecahkan banyak rekor meteorologi lokal.

Baca juga : Hujan Deras di Tiongkok, 20 Orang Tewas dan 27 Orang Hilang

Sebuah waduk di distrik Changping, Beijing mencatat curah hujan sebesar 744,8 mm antara hari Sabtu (29/7) dan Rabu (2/8), curah hujan tertinggi di kota ini selama lebih dari 140 tahun terakhir, dan jauh melampaui rekor sebelumnya yaitu 609 mm yang ditetapkan pada tahun 1891.

Baca juga : 2.204 Bencana Melanda Indonesia Hingga Medio 2023

Hujan yang terus menerus turun memaksa Beijing menggunakan waduk penampungan banjir untuk pertama kalinya sejak didirikan 25 tahun yang lalu dan difungsikan untuk mengalihkan air banjir.

Di Hebei, salah satu stasiun cuaca setempat mencatat 1.003 mm hujan selama tiga hari dari Sabtu hingga Senin, jumlah yang biasanya terjadi dalam waktu setengah tahun.

Aelain sisa-sisa Doksuri, Ahli meteorologi Tiongkok mengatakan aliran udara yang hangat dan lembab serta uap air yang dibawa oleh Topan Khanun yang bergerak perlahan di Pasifik Barat menciptakan kondisi yang memungkinkan terjadinya hujan lebat. (CNA/Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat