visitaaponce.com

Cuaca Panas Landa Korea, Kontingen Pramuka Indonesia Dipastikan dalam Kondisi Baik

Cuaca Panas Landa Korea, Kontingen Pramuka Indonesia Dipastikan dalam Kondisi Baik
Tim Pramuka RI yang mengikuti Jambore Dunia 2023 di Korsel.(Kemlu.go.id )

PANAS ekstrem saat ini melanda Korea Selatan yang mana menjadi tuan rumah penyelenggaraan Jambore Pramuka Sedunia yang diikuti oleh beberapa negara, termasuk Indonesia.

Ketua Pusat Informasi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (Ka Pusinfo Kwarnas), Adi Pamungkas mengungkapkan bahwa saat ini kondisi kontingen Pramuka yang sedang menjalani Jambore Sedunia di Korea secara keseluruhan dalam kondisi baik.

"Betul 2 hari terakhir panas menyengat antara jam 13-15, panas pernah mencapai 38°C," katanya saat dihubungi pada Minggu (6/8).

Baca juga: Kontingen Pramuka Indonesia di Korea Selatan Terjaga

Adi juga menyatakan bahwa beberapa anggota kontingen sempat dibawa ke rumah sakit lapangan, tapi saat ini sudah kembali ke satuan masing-masing.

"Hari ini Cultural Day dimana tidak ada kegiatan yang menguras tenaga dan yang panas, mereka hanya bermain bersosialisasi dan kenalan dengan peserta dari negara-negara lain," ungkap Adi.

Baca juga: Panas Ekstrem, Jokowi Diminta Pulangkan Kontingen RI dari Jambore Dunia

Diketahui saat ini kontingen Amerika Serikat mengundurkan diri dari Jambore tersebut, tapi Adi menegaskan bahwa kontingen Indonesia ada rencana mundur.

"Sudah pada tau jam paling panas antara jam 13-15, jadi tidak perlu kegiatan di terik matahari jam segitu. Selain juga sanitasi sudah membaik, di tiap-tiap ujung jalan tersedia air minum berlimpah, bahkan banyak disediakan cooling bus, jadi bisa istirahat 1 jam dalam bus AC, dan lain-lain," jelas Adi.

Ia menitipkan pesan kepada orang tua peserta kontingen agar jangan terlalu mengkhawatirkan anak mereka karena pihaknya akan terus menyertai dan mengawasi mereka (kontingen). (Fal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat