visitaaponce.com

Presiden Jokowi Minta Kontingen Indonesia di Jambore Dunia Dipulangkan dari Korea Selatan

Presiden Jokowi Minta Kontingen Indonesia di Jambore Dunia Dipulangkan dari Korea Selatan
Kontingen Pramuka RI yang mengikuti Jambore Dunia 2023 di Korsel.(Kemlu.go.id )

PRESIDEN Joko Widodo atau Jokowi menegaskan agar kontingen Indonesia yang sedang menjadi peserta Jambore Pramuka Dunia, dipulangkan dari Korea Selatan. Presiden mengaku telah memerintahkan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Kedutaan Besar RI (KBRI) di Seoul, Korea Selatan.

"Saya sudah perintahkan kepada Kemenlu, kepada kedutaan kita untuk selalu memonitor," terang Jokowi seusai peresmian Indonesia Arena di Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (7/8).

Menurut presiden, sejauh ini tidak ada hal yang membahayakan yang dialami para kontingen Indonesia. Seperti diberitakan, Korea Selatan tengah dilanda cuaca panas. Berdasarkan pemberitaan, suhu di beberapa bagian negara lebih dari 38 derajat celcius.

Baca juga: Kontingen Pramuka Indonesia di Korea Selatan Terjaga

Adapun Jambore Pramuka Dunia digelar di Saemangeum, Provinsi Jeolla Utara, Korea Selatan pada 1-12 Agustus 2023. Kegiatan itu dihentikan karena sejumlah peserta dilarikan ke rumah sakit akibat terpapar cuaca panas. Selain itu, dalam pemberitaan media, fasilitas di lokasi jambore tidak kondusif seperti jauhnya jarak untuk mandi, cuci, kakus serta lamanya shuttle bus, dan lain-lain.

"Sampai saat ini tidak ada yang disampaikan itu membahayakan dan kita harus apa, membawa pulang kembali (para kontingen Indonesia)," tegas presiden. (Ind/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat