visitaaponce.com

Topan Lan Hantam Pulau Utama Jepang

Topan Lan Hantam Pulau Utama Jepang
Topan Lan diprediksi akan melanda beberapa wilayah pulau utama di Jepang.(AFP)

TOPAN Lan kemungkinan besar akan menerjang wilayah pulau utama Jepang, Honshu, pada Selasa (15/8). Badan cuaca setempat menyarankan penduduk di wilayah Tokai dan Kinki untuk waspada terhadap hujan lebat serta memperingatkan akan adanya tanah longsor dan banjir.

"Di jalur yang akan menghantam pulau utama Honshu, Topan Lan diperkirakan akan mencurahkan hujan hingga 40 cm dalam 24 jam hingga pukul 6 pagi pada Selasa (15/8) di beberapa daerah," kata Badan Meteorologi Jepang, Senin, (14/8).

Beberapa kota akan mengalami hembusan angin hingga 162 km/jam pada hari Senin, meningkat menjadi 180 km/jam pada hari Selasa ketika sistem tersebut menghantam Honshu.

Baca juga: Topan Khanun Buat Korea Selatan Evakuasi 14 Ribu Orang

Badai ini diperkirakan akan mendarat di ujung selatan Semenanjung Kii, sekitar 600 km sebelah barat Tokyo, sebelum menuju ke daratan Osaka, kota utama di Jepang bagian barat.

Pada Senin (14/8) pagi, salah satu kota di wilayah Wakayama mulai meminta para lansia setempat untuk mempertimbangkan proses evakuasi dari rumah mereka ke tempat penampungan umum.

Baca juga: Jepang dan Korsel Keluarkan Peringatan Badai Khanun, Ratusan Penerbangan Dibatalkan

Topan yang semakin mendekat juga telah mendorong pembatalan layanan transportasi umum pada hari Selasa, menyebabkan pusingnya para wisatawan yang berlibur selama minggu liburan "obon".

Setiap tahun, jutaan keluarga kembali ke kampung halaman mereka selama musim ini. Namunm beberapa orang memutuskan untuk mempersingkat liburan mereka dan kembali ke kota pada hari Senin sebelum topan melanda.

Transportasi Publik Terganggu

Sementara itu, Japan Airlines mengatakan mereka membatalkan 19 penerbangan untuk hari Senin (14/8) dan 240 penerbangan pada hari Selasa (15/8). Kompetitornya, All Nippon Airways, juga berencana untuk mengumumkan pembatalan penerbangan.

Beberapa bagian dari layanan kereta peluru berkecepatan tinggi "Shinkansen" juga akan ditangguhkan pada hari Selasa, terutama di daerah sekitar pusat bisnis regional Osaka dan Nagoya di pulau Honshu.

Pada Senin (14/8) pagi, Topan Lan berada 260 km di sebelah tenggara Tanjung Shionomisaki di Semenanjung Kii, dengan hembusan angin kencang hingga 198 km/jam.

(AFP/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat