visitaaponce.com

Bawa Sabu-sabu, Yordania Tembak Jatuh Pesawat Nirawak dari Suriah

Bawa Sabu-sabu, Yordania Tembak Jatuh Pesawat Nirawak dari Suriah
Salah satu drone pengangkut sabu-sabu dari Suriah yang ditembak militer Yordania pada Juli 2023.(Jordan Armed Forces)

SEBUAH pesawat nirawak Suriah yang membawa sabu-sabu ditembah jatuh oleh militer Yordania ketika terbang ke wilayah Yordania.

Kantor berita negara Petra melaporkan pada Minggu (14/8) mengutip sebuah sumber dari angkatan bersenjata Yordania. Mereka mengatakan bahwa pesawat nirrawak tersebut berhasil dikuasai dan dijatuhkan, dan sabu-sabu tersebut telah diserahkan kepada pihak yang berwenang.

Militer Yordania sebelumnya juga telah menjatuhkan pesawat nirawak dari Suriah yang membawa narkotika atau senjata. Namun jarang sekali mengidentifikasi narkoba yang disita sebagai sabu-sabu.

Baca juga : Iran Gantung 11 Orang Kaum Baluch atas Tuduhan Narkoba

Suriah menjadi pusat perdagangan narkoba senilai miliaran dolar. Oleh karenanya, Yordania sebagai rute transit utama ke negara-negara Teluk untuk pengiriman amfetamin buatan Suriah yang dikenal dengan nama Captagon.

Para pejabat militer dan keamanan dari Yordania dan Suriah telah bertemu untuk mendiskusikan cara-cara untuk mengekang masalah penyelundupan yang terus meningkat.

Baca juga : Indonesia Waspada Narkoba Jenis NPS yang 50 Kali Lebih Kuat dari Heroin

Meskipun ada janji dari Damaskus, Yordania mengatakan bahwa mereka belum melihat adanya upaya nyata untuk menekan perdagangan gelap tersebut.

Sejauh ini, tidak ada komentar langsung dari pihak berwenang Suriah. Dalam sebuah wawancara minggu lalu, Presiden Suriah Bashar al-Assad menyangkal peran Suriah dalam perdagangan narkoba. Menurutnya, mengakhiri penyelundupan narkotika merupakan kepentingan bersama yang dimiliki oleh Suriah dengan negara-negara Arab.

Janji Al-Assad untuk menindak tegas perdagangan narkoba telah membuka jalan bagi Suriah untuk masuk kembali ke dalam Liga Arab pada bulan Mei lalu setelah pengucilan selama 12 tahun.

Tentara Yordania mengumumkan pada Juni lalu bahwa mereka telah menembak jatuh tiga pesawat nirawak yang mencoba menyeberang dari Suriah ke Yordania, termasuk satu pesawat yang sarat dengan senjata. (Aljazeera/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat