visitaaponce.com

Pesawat Bawa Delapan Penumpang Jatuh di Jalan Malaysia, 10 Tewas

Pesawat Bawa Delapan Penumpang Jatuh di Jalan Malaysia, 10 Tewas
Ilustrasi: pesawat jatuh(ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

SEBUAH pesawat membawa delapan orang penumpang jatuh di jalan raya dekat Shah Alam di negara bagian Selangor, Malaysia pada Kamis (17/8). Seluruhnya tewas berikut dua orang pengendara sepeda motor yang tertabrak.

Otoritas Penerbangan Sipil Malaysia (CAAM) mengatakan kecelakaan itu terjadi di Kota Elmina, Shah Alam. Terdapat enam penumpang dan dua awak pesawat berada di dalamnya.

Menurut kantor berita Negeri Jiran itu, Bernama, polisi telah mengkonfirmasi bahwa sepuluh orang tewas akibat insiden ini. Penerbangan itu dijadwalkan mendarat di Subang pada Kamis (17/8), pukul 14.49 waktu setempat.

Baca juga : 2 Tewas Setelah Jet Pribadi Jatuh ke Jalan Raya di Florida

“Pesawat yang dioperasikan oleh Jetvalet Sdn. Bhd. berangkat dari Bandara Internasional Langkawi pada pukul 14.08 waktu setempat menuju Bandara Sultan Abdul Aziz Shah,” kata CEO CAAM Norazman Bin Mahmud.

Kemudian, lanjut dia, pada pukul 14.51 waktu setempat, Menara Pengawas Lalu Lintas Udara Subang mengamati asap yang berasal dari lokasi kecelakaan tetapi tidak ada panggilan mayday dari pilot pesawat naas tersebut.

Ia menambahkan Pusat Koordinasi Penyelamatan Penerbangan Kuala Lumpur (KL ARCC) telah diaktifkan untuk mengkoordinasikan misi pencarian dan penyelamatan.

Baca juga : 379 Orang Dievakuasi setelah Pesawat Bertabrakan di Bandara Haneda Tokyo

“Investigasi keselamatan akan dilakukan oleh Biro Investigasi Kecelakaan Udara di bawah Kementerian Perhubungan Malaysia sesuai dengan Bagian XXVI Peraturan Penerbangan Sipil 2016,” kata Norazman.

Ia memastikan pesawat tersebut adalah Beechcraft Model 390 (Premier 1) dengan nomor registrasi N28JV. Sementara menurut keterangan Kementerian Pembangunan Pemerintah Daerah, sebuah sepeda motor ditabrak pesawat dan petugas pemadam kebakaran telah tiba di lokasi untuk pemadaman dan operasi penyelamatan.

Kepala polisi distrik Shah Alam Mohd Iqbal Ibrahim, yang mengkonfirmasi kejadian tersebut, mengatakan bahwa tim polisi juga telah dikirim ke lokasi kejadian.

Beberapa postingan di platform media sosial X menunjukkan bagian jalan raya yang terbakar di Elmina, Shah Alam menunjukkan asap mengepul selain puing-puing pesawat yang berserakan di jalan raya.

Daerah itu juga tampaknya telah ditutup oleh otoritas Malaysia. Pesawat tersebut dilaporkan jatuh ke tanah dan meledak saat terjadi benturan. (CNA/Cah)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat