visitaaponce.com

Selain Diterpa Badai Hilary, Los Angeles Pun Dilanda Gempa Bumi

Selain Diterpa Badai Hilary, Los Angeles Pun Dilanda Gempa Bumi
Los Angeles, Amerika Serikat, tidak hanya dihantam badai Hilary. Kawasan ini juga mengalami gempa bumi dengan magnitudo 5,1. (AFP)

BADAI Hilary menyebabkan banjir bandang dan peringatan kemunculan tornado di California selatan, Amerika Serikat (AS). National Hurricane Center memperingatkan hujan lebat dan angin kencang dari Meksiko hingga Nevada.

Pada saat yang sama, Los Angeles juga dilanda gempa dengan magnitudo 5,1. Gempa tidak menimbulkan kerusakan atau korban yang dilaporkan. Tetapi menambah kekacauan saat negara bagian itu menghadapi badai Hilary pada Minggu (20/8).

Kekuatan Badai Hilary telah turun dan masuk dalam kategori badai tropis yang sudah menerpa San Diego County, sebelum masuk lebih jauh ke California dan Los Angeles.

Baca juga: Topan Tropis Hilary Menghampiri California

Palm Springs, tempat liburan di Riverside County sekitar 160 km di timur Los Angeles dan yang telah menjadi salah satu bagian terpanas di California berubah dengan lebih banyak titik banjir.

Kota berpenduduk 45.000 orang biasanya mendapat curah hujan sekitar 4,6 inci dalam satu tahun, kini menerima 6-10 inci dampak badai tersebut. Air banjir juga mengalir melalui tepian beton Sungai Los Angeles, yang biasanya kering.

Baca juga: Gubernur California Keluarkan Status Darurat

Badai Hilary telah melemah selama 48 jam terakhir. Tapi itu masih ditetapkan sebagai badai terbasah yang pernah melanda AS Barat Daya, menurut Zack Taylor, seorang ahli meteorologi di National Weather Service (NWS).

“Ini adalah badai yang berbahaya. Ini bukan hanya total hujan tetapi intensitasnya,” kata Taylor, yang bekerja untuk Pusat Prediksi Cuaca NWS di College Park, Maryland.

Badai ini menimbulkan curah hujan tinggi di banyak bagian barat daya AS yang lebih kering. Badai itu menyebabkan hujan lebat dan banjir serta menewaskan satu orang di Meksiko.

Setidaknya sembilan juta orang berada di bawah peringatan banjir bandang di California. Layanan cuaca mengeluarkan peringatan tornado pada Minggu (20/8) sore, untuk wilayah tengah San Diego.

California Selatan juga dilanda gempa pada Minggu sore dengan kekuatan awal 5,1 magnitudo di dekat Ojai, sekitar 130 kilometer barat laut pusat kota Los Angeles, menurut US Geological Survey.

Itu dirasakan secara luas dan diikuti oleh gempa susulan yang lebih kecil. Tidak ada laporan segera tentang kerusakan besar atau cedera, menurut seorang operator di kantor sheriff wilayah Ventura.

Pemerintah negara bagian Nevada telah mengumumkan keadaan darurat karena video yang diposting ke media sosial menunjukkan sungai-sungai air mengalir di jalan-jalan perumahan dan mobil-mobil kesulitan melewati banjir. (The Guardian/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat