visitaaponce.com

ASEAN Upayakan Pemaduan Taksonomi dengan Uni Eropa

ASEAN Upayakan Pemaduan Taksonomi dengan Uni Eropa
Bendera Uni Eropa (tengah) dan bendera ASEAN.(AFP/KENZO TRIBOUILLARD)

NEGARA-negara anggota ASEAN disebut tengah berfokus untuk memadukan Taksonomi ASEAN II dengan Taksonomi Eropa. Ini ditujukan untuk mendongkrak keterlibatan sektor swasta di tingkat global masuk dan mendukung upaya peralihan energi di kawasan.

Demikian disampaikan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu dalam seminar side event ASEAN Indonesia 2023 bertajuk Energy Transition Mechanism: ASEAN Country Updates, Jakarta, Rabu (23/8).

"Harapanya dari EU bisa melihat bahwa negara berkembang membutuhkan transisi, negara berkembang mayoritas bukan hanya pada transition activities, tapi langsung kepada transition finance-nya, bagaimana kebutuhan proyek-proyek transisi energi di negara berkembang memang membutuhkan support," tuturnya.

Baca juga: Jepang Ikut di Kerja Sama ASEAN Atasi Kejahatan Lintas Negara

Keterpaduan taksonomi yang dimiliki ASEAN dengan Uni Eropa, kata Febrio, diperlukan agar negara-negara ASEAN bisa mendapatkan akses dukungan keuangan lebih besar dalam upaya transisi energi.

Apalagi peluncuran Taksonomi ASEAN II beberapa bulan lalu juga telah mendapatkan respons positif dari banyak negara dan pasar internasional.

Baca juga: ASEAN-BAC Dukung Layanan Pembayaran Digital

"Dengan kita mendapatkan konsensus yang sangat baik di level ASEAN. Kerja berikutnya adalah komunikasi dan sosialisasi yang baik dengan pakar keuangannya. Supaya harapannya, karena ini adalah keputusan investasi, dan membutuhkan pemahaman kuat dan baik dari investor," jelas Febrio.

Upaya memadukan dua taksonomi itu telah dilakukan melalui pembicaraan di berbagai forum. Salah satunya ialah saat Indonesia diundang ke forum G-7 beberapa waktu lalu.

Diketahui Taksonomi ASEAN merupakan panduan yang dirancang untuk memungkinkan transisi yang adil menuju adopsi keuangan berkelanjutan oleh negara anggota ASEAN. Taksonomi ASEAN II dirilis pada Maret 2023 sebagai penyempurnaan dari taksonomi sebelumnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat