visitaaponce.com

Pesawat Nirawak Ukraina Serang Enam Wilayah Rusia

Pesawat Nirawak Ukraina Serang Enam Wilayah Rusia
Kawasan Rusia yang terkena serangan drone atau pesawat nirawak Ukraina.(AFP)

PIHAk Rusia mengklaim Ukraina meluncurkan serangkaian serangan pesawat nirawak terhadap target-target di enam wilayah Rusia. Termasuk serangan terhadap sebuah bandara di Kota Pskov, di Rusia bagian barat. Serangan itu mengakibatkan pesawat angkut militer mengalami kerusakan berat.

Serangan pesawat nirawak ini menjadi yang terbesar di wilayah Rusia sejak invasi. Kementerian pertahanan Rusia mengatakan bahwa pesawat nirawak juga ditembak jatuh di atas wilayah Orlov, Bryansk, Ryazan, Kaluga, dan wilayah Moskow yang mengelilingi ibu kota Rusia.

Mengutip layanan darurat, Kantor berita TASS milik pemerintah Rusia, melaporkan bahwa empat pesawat angkut berat Il-76, yang telah lama menjadi andalan militer Rusia, rusak di lapangan terbang di Pskov, atau sekitar 660 km (sekitar 411 mil) di sebelah utara perbatasan Ukraina.

Baca juga: Bandara di Rusia Diserang Drone

"Kementerian Pertahanan menangkis serangan pesawat tak berawak di bandara Pskov," kata Gubernur regional Mikhail Vedernikov di Telegram, dia mengunggah sebuah video yang memperlihatkan kebakaran besar dengan suara ledakan dan sirene di latar belakangnya.

Vedernikov, yang berada di lokasi kejadian, menyebut menurut informasi awal, tidak ada korban.

"Skala kerusakan pada bandara sedang dinilai,” katanya.

Rekaman video yang diposting di media sosial menunjukkan asap hitam tebal membumbung tinggi di atas bandara dan penduduk melaporkan mendengar ledakan keras dan suara tembakan.

Baca juga: Rusia Menuduh Informan Kedutaan AS Terlibat dalam Konflik Ukraina

Laporan di saluran Telegram mengatakan bahwa sistem anti-pesawat sedang beraksi di sekitar Kota Rusia, berdekatan dengan negara-negara anggota Uni Eropa, Latvia dan Estonia.

Bandara Vnukovo di Moskow juga ditutup pada Rabu pagi, mengutip para pejabat penerbangan Rusia bahwa Bandara di Moskow diperintahkan untuk ditutup di tengah laporan bahwa militer Rusia menghalau serangan pesawat nirawak di Bandara Pskov.

Menargetkan Bandara

Salah satu situs berita independen di Rusia, Meduza, melaporkan bahwa antara 10 hingga 20 pesawat nirawak menyerang bandara Pskov dan pasukan Rusia yang berada di darat berusaha menghalau serangan tersebut.

Salah satu pesawat nirawak dilaporkan menghantam kompleks pengisian bahan bakar, dan menyebabkan kebakaran besar.

"Resimen Penerbangan Angkutan ke-334 Rusia, yang mengoperasikan pesawat angkut Il-76, bermarkas di bandara Pskov,” lapor Meduza.

Semua penerbangan dari bandara dibatalkan," tulis Gubernur Pskov Vedernikov di Telegram.

“Hingga sifat kerusakan yang mungkin terjadi pada landasan pacu diklarifikasi,” sebutnya.

Tingkat kerusakan atau korban jiwa dari wilayah Rusia lainnya di mana pesawat nirawak dilaporkan ditembak jatuh belum diketahui.

Wilayah Pskov menjadi sasaran serangan pada akhir Mei lalu ketika dua pesawat nirawak bersenjata menyebabkan ledakan yang mengakibatkan kerusakan pada gedung administrasi pipa minyak.

Ibu kota Rusia, Moskow, dan daerah-daerah regional di negara itu telah berada di bawah serangan hampir setiap hari oleh pesawat nirawak Ukraina dalam beberapa pekan terakhir.

(Aljazeera/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat