visitaaponce.com

Bandara di Rusia Diserang Drone

Bandara di Rusia Diserang Drone
Bandara di kota Pskov mengalami serangan drone ukraina.(AFP)

KANTOR berita Rusia, TASS melaporkan empat pesawat angkut berat Ilyushin Il-76 rusak dalam serangan drone Ukraina, Rabu (30/8). Serangan ini terjadi di bandara di kota Pskov, Rusia barat yang terletak dekat perbatasan Latvia dan Estonia.

“Kementerian pertahanan menangkis serangan pesawat tak berawak di bandara Pskov,” kata Gubernur wilayah tersebut Mikhail Vedernikov melalui aplikasi pesan Telegram.

Dia mengunggah video kebakaran besar, dengan suara ledakan dan sirene sebagai latar belakangnya. Vedernikov, yang berada di lokasi penyerangan, mengatakan tidak ada korban jiwa oleh serangan Ukraina tersebut.

Baca juga: Pria Keturunan Rusia-Swedia Dituduh Mata-matai Teknologi Barat

Skala kerusakan bandara sedang dinilai. Rekaman video yang diposting di media sosial, dilaporkan dari bandara, menunjukkan asap hitam tebal membubung di atas bandara dan penduduk setempat melaporkan mendengar ledakan keras dan tembakan.

Laporan di saluran Telegram mengatakan sistem anti-pesawat sedang beraksi di sekitar kota Rusia, yang terletak dekat dengan negara anggota Uni Eropa, Latvia dan Estonia.

Baca juga: Rusia Menuduh Informan Kedutaan AS Terlibat dalam Konflik Ukraina

Bandara di Moskow diperintahkan ditutup di tengah laporan bahwa militer Rusia berhasil menghalau serangan pesawat tak berawak di bandara Pskov. Meduza, salah satu situs berita independen Rusia yang paling banyak dibaca, mengatakan sumber-sumber melaporkan antara 10 dan 20 drone menyerang lapangan udara Pskov dan pasukan Rusia yang ditempatkan di lapangan berusaha menghalau serangan drone tersebut dengan menggunakan tembakan senjata ringan.

Salah satu drone dilaporkan menghantam kompleks pengisian bahan bakar, menurut situs berita, menyebabkan kebakaran besar. Resimen Penerbangan Transportasi ke-334 Rusia, yang mengoperasikan pesawat angkut Il-76, berpangkalan di bandara Pskov, menurut Meduza.

Semua penerbangan dari bandara dibatalkan, tulis gubernur wilayah Pskov Vedernikov di Telegram. "Itu sampai sifat dari kemungkinan kerusakan pada landasan pacu dapat diklarifikasi," katanya.

Militer Rusia juga mengatakan telah menjatuhkan drone Ukraina di wilayah Bryansk selatan Rusia dan di wilayah tengah Orlov dan Ryazan. Wilayah Pskov sebelumnya diserang pesawat tak berawak pada akhir Mei ketika dua pesawat tak berawak bersenjata menyebabkan ledakan yang menyebabkan kerusakan pada gedung administrasi jaringan pipa minyak.

Ibu kota Rusia, Moskow, dan wilayah lain di negara itu hampir setiap hari menjadi sasaran serangan drone Ukraina dalam beberapa pekan terakhir di tengah peringatan Kyiv bahwa perang terhadap Ukraina akan kembali ke Rusia. (Aljazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat